Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra berharap penerapan Virtual Assistant Referee (VAR) di sepak bola Indonesia semakin berjalan baik.

Dikutip dari laman resmi klub, Rabu, Teco berharap penerapan VAR bisa membantu kinerja wasit yang kadang bisa salah dalam mengambil keputusan.
 
"Mudah-mudahan adanya VAR akan membantu Liga 1 bisa lebih bagus. Kita pikir positif karena sepak bola kita juga butuh untuk bisa lebih fair membantu wasit. VAR bisa membantu wasit agar lebih adil buat tim yang bertanding di lapangan untuk Liga di Indonesia bisa lebih bagus," ungkap Teco.
 
Diketahui pertandingan Bali United FC vs Persib Bandung pada leg pertama semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia ini pun menjadi saksi penerapan VAR perdana di Liga Indonesia.
 
VAR akan membantu wasit dalam empat hal untuk mengambil keputusan yang tepat yaitu perihal gol atau tidak, kartu merah langsung atau tidak, penalti atau tidak, dan kesalahan yang terjadi di lapangan.
 
Terhitung ada dua momentum checking VAR terjadi pada laga ini yaitu possible penalty pada menit 52 dan possible red card pada menit 75.
 
Keputusan penalti diberikan untuk kubu tim tamu yang dieksekusi David Da Silva dan berhasil digagalkan oleh Adilson Maringa.

Baca juga: Alberto Rodriguez alihkan fokus ke leg kedua kontra Bali United
 
Mengenai penerapan VAR pada pertandingan kemarin, Teco tidak ingin berkomentar lebih soal penerapan VAR perdana di Indonesia ini.
 
"Saya tidak ingin berkomentar karena mungkin media atau wartawan bisa menilai dari atas tribun seperti apa VAR ini berfungsi di lapangan sudah sesuai atau belum. Silahkan menilai sendiri untuk saat ini," jelas Teco.
 
Selanjutnya Bali United akan bertandang ke markas Persib Bandung pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5).
 
Bali United harus mengamankan kemenangan dengan minimal selisih satu gol di hadapan pendukung Persib Bandung untuk dapat mengunci satu tiket ke final.

Baca juga: Teco sayangkan kegagalan Bali United raih kemenangan kontra Persib
Baca juga: Kadek Agung kecewa berat Bali United kebobolan di menit-menit akhir

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024