Pekanbaru (ANTARA) - Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi menjelaskan sebanyak 899 calon haji Riau, dengan rincian asal  Kota Pekanbaru 450 orang dan  Kabupaten Indragiri Hilir 449 orang berangkat menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada hari kedua jamaah calon haji itu berangkat.

"Jamaah  Riau saat ini sudah ada yang sampai di Madinah yakni Kloter BTH-03, mereka tiba di Bandara Madinah pukul 12.30 WAS. Hari ini sudah diberangkatkan jamaah Riau yang tergabung dalam Kloter  BTH-04 dari Indragiri Hilir pada pukul 12.20 WIB, diperkirakan tiba di Madinah pukul 17.20 Waktu Arab Saudi (WAS). Mereka mulai melaksanakan arbain," kata Muliardi.

Baca juga: Pemkab Belitung lepas keberangkatan 62 calon haji

Muliardi mengatakan hari ini juga akan masuk ke Asrama Haji Batam jamaah Kloter 3 Riau atau BTH-05 asal Kabupaten Kampar sebanyak 450 orang. Jamaah ini akan berangkat Kamis (16/5) menuju Madinah.

Sebagaimana data yang diperoleh dari PPIH Embarkasi Haji Batam bahwa Jumlah jamaah calon haji BTH 04 asal Indragiri Hilir berjumlah 449 orang, yakni  laki-laki sebanyak 192 orang dan perempuan berjumlah 257 orang dengan jumlah lansia sebanyak 94 orang.

Adapun calon haji tertua atas nama Rijanudin Marin Abdullah (85 Th) dan yang termuda atas nama Ahmad Yasir Amrirewa (18 th). Terdapat dua orang calon haji Riau yang tertunda berangkat karena sakit, yakni Atun Jaali Genggam No.porsi 0400089579 asal Kota Pekanbaru di rawat di RSBP karena sesak nafas, dan Sinap Sagun Yahmo (81 Th) asal Kabupaten Indragiri Hilir di rawat di RSBP karena gejala jantung.

Baca juga: Kemenhub: Penerbangan haji putar balik disiapkan pesawat pengganti

Berdasarkan data Kemenag Riau, bahwa 5.318 orang calon haji Riau berangkat dalam dua gelombang yakni pertama dari tanah air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

Jamaah calon haji Riau yang berangkat pada gelombang kedua yakni 21 Mei-1 Juni 2024 dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah.

Sebanyak 5.318 orang calon haji Provinsi Riau tergabung dengan Embarkasi Haji Batam (BTH). Jamaah Riau tidak lagi menggunakan Embarkasi Haji Antara Riau. 

Baca juga: BBKK Surabaya sampaikan kondisi kesehatan calon haji tertua Indonesia

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024