Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia, Rabu (15/5), seperti Presiden Jokowi terus memantau penanganan bencana di Sumatera Barat (Sumbar) hingga implementasi Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) berorientasi pada peningkatan kualitas layanan kelas III pasien BPJS Kesehatan.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

 
Presiden terus pantau penanganan bencana banjir di Ranah Minang
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan Presiden Joko Widodo terus memantau perkembangan penanganan bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang terjadi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
 
"Presiden secara khusus menyampaikan belasungkawa yang mendalam. Beliau setiap hari memantau kegiatan penanggulangan bencana di Sumbar," kata Kepala BNPB di Kabupaten Tanah Datar, Rabu (15/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Wamen LHK: Indonesia toreh beragam keberhasilan cegah kepunahan satwa
 
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengatakan Indonesia telah menorehkan sejumlah keberhasilan dalam upaya menjaga keanekaragaman hayati, salah satunya terlihat dengan kelahiran spesies badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis).
 
"Telah banyak keberhasilan ditunjukkan Indonesia dalam berbagai upaya mencegah kepunahan tersebut. Pada tahun 2023, misalnya, Indonesia menjadi perhatian dunia karena kelahiran dua individu badak sumatra di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas," ujar Wamen LHK Alue Dohong ketika membuka Pekan Keanekaragaman Hayati di Jakarta, Rabu (15/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Ada 12 relawan MER-C Indonesia tertahan di Gaza Selatan
 
Lembaga kemanusiaan MER-C Indonesia menyampaikan bahwa terdapat 12 relawan MER-C Indonesia yang masih tertahan di Gaza Selatan, karena pintu perbatasan Rafah ditutup akibat serangan militer Israel di Rafah, Gaza Selatan.
 
"Jadi ada sembilan tenaga medis dan tiga orang tenaga non medis ya," kata Kepala Tim Medis Darurat MER-C Indonesia Arief Rachman dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Gakkum KLHK berhasil tangkap buronan perusak mangrove di Belitung
 
Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) berhasil menangkap buronan yang menjadi tersangka penambangan pasir timah ilegal di wilayah mangrove Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung setelah dua tahun buron.
 
Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/5) sore, Direktur Jenderal Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani mengatakan SA berhasil ditangkap di Palembang, Sumatera Selatan pada 6 Mei 2024 setelah ditetapkan menjadi tersangka dan masuk daftar pencarian orang (DPO) pada 2022 dalam kasus tindak pidana lingkungan hidup perusakan kawasan lindung mangrove untuk penambangan pasir timah ilegal di Desa Sukamandi, Belitung Timur.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Kemenkes: KRIS berorientasi tingkatkan kualitas layanan kelas 3 JKN
 
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan implementasi Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) berorientasi pada peningkatan kualitas layanan kelas III pasien BPJS Kesehatan.
 
"Jadi yang KRIS itu tadi untuk semua pasien BPJS Kesehatan. Sekarang bagaimana mengatur rumah sakit yang sudah ada kelas I, kelas II, dan kelas III," kata Mohammad Syahril dalam konferensi pers terkait KRIS di Gedung Kemenkes Jakarta, Rabu (15/5).

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024