Jakarta (ANTARA) - Pembalap Formula 1 Alex Albon telah menandatangani perpanjangan kontrak multi-tahun dengan tim balap Williams, yang membuatnya tetap berada di tim hingga tahun 2026.

“Saya sangat senang bisa tetap bersama Williams Racing dan terus bekerja dengan tim yang bertalenta dan berdedikasi,” kata Albon, dikutip dari laman resmi Formula 1, Kamis.

Pembalap Thailand kelahiran London ini diberi kesempatan duduk di kursi balap oleh Williams pada awal musim 2022, setelah kehilangan kesempatan berkendara bersama Red Bull pada akhir tahun 2020 dan menghabiskan satu tahun sebagai pembalap penguji dan cadangan tim.

Sekembalinya ke balap garis depan, Albon dengan cepat menunjukkan kelasnya dengan serangkaian perjalanan yang meyakinkan. Ia menggunakan keahliannya di Williams FW45 2023 untuk mencetak 27 dari 28 poin tim pada musim itu, dan membuat tim finis di P7 pada klasemen konstruktor.

“Awal tahun ini merupakan awal yang sulit, namun sejak bergabung dengan Williams, kami telah membuat kemajuan yang signifikan bersama-sama dan saya telah melihat perubahan besar terjadi di balik layar yang membawa kami kembali ke posisi terdepan,” kata Albon.

Meskipun Williams menjadi salah satu dari dua skuad pada tahun 2024 – bersama dengan Kick Sauber – yang belum mencapai target, Albon menaruh kepercayaannya pada tim yang didukung Dorilton Capital menuju siklus regulasi baru Formula 1 pada tahun 2026.

“Ini adalah proyek jangka panjang yang sangat saya yakini dan saya ingin memainkan peran kuncinya, itulah sebabnya saya menandatangani kontrak multi-tahun,” kata Albon.

“Perjalanan ini akan memakan waktu, namun saya yakin kami sedang membangun tim yang tepat untuk maju dan mencapai hal-hal hebat di tahun-tahun mendatang,” ujarnya menambahkan.


Baca juga: Williams bawa desain dan tekad baru untuk hadapi F1 2024

Kepala Tim Williams James Vowles melanjutkan, pihaknya sangat senang bisa mengamankan masa depan jangka panjang Albon bersama Williams. Menurutnya, Albon memiliki bakat luar biasa yang dipadukan dengan pemahaman teknis serta dedikasi yang tinggi untuk tim.

“Sejak bergabung, Alex secara konsisten menunjukkan kemampuannya untuk tampil di bawah tekanan, dan mengontraknya untuk jangka panjang adalah bagian besar dari perjalanan untuk membawa kami naik ke posisi teratas,” ujar Vowles.

Di sisi lain, Williams masih belum mengungkapkan siapa yang akan menjadi rekan satu tim Albon untuk musim mendatang. Tim tersebut memberikan isyarat bahwa mereka tengah membicarakan hal itu dengan empat atau lima pembalap potensial.

Beberapa nama yang muncul adalah rekan Albon saat ini yakni Logan Sargeant, serta pembalap junior Mercedes Kimi Antonelli.


Baca juga: Albon optimistis bos baru Vowles dapat ubah nasib Williams

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024