Nagan Raya, Aceh (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, meluncurkan layanan kantor urusan agama (KUA) filial di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang yang merupakan kawasan pedalaman di daerah ini.

“Inovasi Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan filial yang akan dilakukan di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan keagamaan di wilayah ini,” kata Kepala Kantor Kepala Kantor Kemenag Nagan Raya, Provinsi Aceh, Samhudi di Nagan Raya, Kamis.

Ia menyebutkan,selama ini Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya belum memiliki KUA definitif sehingga masyarakat di wilayah pegunungan tersebut harus turun ke ibu kota kabupaten guna mendapatkan layanan urusan keagamaan.

“Sebelumnya untuk mendapatkan layanan keagamaan, masyarakat Beutong Ateuh Banggalang harus menempuh perjalanan darat yang jaraknya lebih kurang 44 kilometer,” katanya.

Baca juga: Kemenag fasilitasi nikah massal untuk 29 pasangan WNI di Taiwan

Baca juga: Kemenag percepat pemulihan KUA Pitumpanua imbas banjir bandang


Dia mengatakan jalan yang dilalui oleh masyarakat Beutong Ateuh Banggalang untuk bisa mendapatkan layanan keagamaan mereka harus menuju KUA Kecamatan Beutong, dengan melewati kawasan hutan belantara dengan kondisi jalan yang menanjak dan berliku.

Oleh karena itu, KUA filial merupakan solusi dalam mendekatkan layanan ke masyarakat sebagaimana harapan masyarakat dan pemerintah setempat.

KUA filial akan hadir di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang selama dua pekan sekali dalam satu bulan untuk melayani masyarakat terkait layanan keagamaan.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Camat Beutong Ateuh Banggalang yang telah memfasilitasi hadirnya layanan ini di kawasan tersebut.

Samhudi mengatakan hingga hari ini belum terbit nomenklatur untuk pendirian KUA definitif di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya.

Sehingga solusi terbaik saat ini untuk memudahkan masyarakat Beutong Ateuh Banggalang mendapatkan layanan keagamaan dengan menghadirkan KUA Filial.

“Kita berharap nomenklatur untuk pendirian KUA definitif di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang segera terbit, sehingga masyarakat setempat dapat menikmati layanan yang sama seperti masyarakat di kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Nagan Raya,” kata Samhudi mengharapkan.

Baca juga: Kemenag targetkan pembayaran zakat bisa dilakukan di KUA Ramadhan ini

Baca juga: Komisi VIII minta Menag lakukan kajian komprehensif soal layanan KUA

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024