Solo (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo.

Pantauan di Solo, Jawa Tengah, Kamis, Iriana datang bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Indonesia Maju.

Pada kesempatan itu, Iriana membeli beberapa produk UMKM, di antaranya kain, makanan, perhiasan dan tas.

Hal tersebut disampaikan oleh istri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka Selvi Ananda.

"Yang dibeli Ibu Iriana banyak, kain-kain, kerajinan, seperti perhiasan terus kerajinan tas, ada makanan juga," katanya.

Sedangkan dirinya mengaku membeli kain batik khas Bali, kain Gedog Tuban, dan beberapa asesoris.

Baca juga: Dekranas harap "stakeholder" dukung peningkatan kapasitas pelaku UMKM

"Kain Gedog Tuban dan masih banyak," katanya.

Terkait dengan acara itu, ia meminta warga Solo agar berkunjung dan membeli produk UMKM. Ada sekitar 300 stan yang ada di acara ekspo tersebut.

"Jangan lupa untuk semua warga Solo khususnya atau yang dari provinsi-provinsi lain yang masih di Solo, jangan lupa berkunjung ke Expo karena expo-nya sampai dengan tanggal 18 Mei," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT Ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang mengatakan produk yang ada di expo sudah terkurasi.

"Jadi semua itu pilihan binaan masing-masing Dekranasda dari setiap provinsi. Bisa dibilang ini bagus sekali produk-produknya," katanya.

Baca juga: Ibu Negara hadiri puncak acara HUT Ke-44 Dekrasnas di Solo

Baca juga: Kementerian Investasi-Dekranas berdayakan perempuan lewat Forum UMKM

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024