Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-20, Indra Sjafri fokus latihan fisik skuad tim nasional Indonesia U-20 di Empire Fit Club komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu.

Skuad Garuda Nusantara kini tengah bersiap untuk melakoni rentetan pertandingan di ajang Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 dan diharapkan lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

"Hari ini dari periodisasi latihan yang kami siapkan. Kami sebenarnya sudah dari beberapa hari atau mungkin bulan lalu, kami ingin untuk penanganan gym tidak masuk ke gym konvensional seperti biasa, tapi kepada sport performance yang lebih spesifik," kata pelatih timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kami sepakat dengan Empire untuk membantu pelatih fisik kami, berkoordinasi untuk meningkatkan performa anak anak. Trainer juga membawa metode kepelatihan marinir untuk latihan atlet sepak bola dan olahraga lain," ujar Indra Sjafri.
 
Pelatih Timnas U-20 Indra Sjafri (kedua kiri) mengawal larihan fisik para pemain Tim U-20 di Empire Fit Club di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Baca juga: Indra Sjafri sebut tim U-20 tempuh latihan fisik secara spesifik

Arkhan Kaka dan kawan-kawan menjalani menu latihan fisik diantaranya inverted rows, banded plyo push up, dan circuit style yang meliputi ski-erg , cals bike, rope slam, serta prowler push.

Trainer,
Elbertino Tiwa mengatakan menu latihan yang diberikan kepada skuad Garuda Nusantara tersebut untuk membuat para pemain mempunyai fisik yang jauh lebih siap ketika di dalam lapangan. Elber memberikan contoh bahwa setiap pemain harus siap saat sprint, kemudian saat adu fisik. Ia menjelaskan latihan ini sebagai latihan strenght dan conditioning.

"Jadi hari ini introduction latihan, second training fokusnya performance untuk atlet, untuk mempersiapkan mereka latihan di lapangan. Sebagai pemain bola mereka harus siap sprint, mesti siap sikut sikutan jadi kami memberikan latihan fungsional," kata Elber.

Baca juga: Tim Indonesia U-20 berlatih di klub Como 1907 sebelum tampil di Toulon
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024