Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengurangi pengangguran salah satunya melalui kegiatan Job Matching (bursa kerja) yang digelar di SMK Penerbangan Sedati, Sidoarjo.

Plt Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Kamis, mengatakan pengurangan angka pengangguran ini perlu perhatian yang intensif untuk mencari solusi yang tepat.
 
"Sebagai pimpinan daerah saya berterima kasih pada semua perusahaan dan SMK yang hadir dalam job matching ini. Dengan adanya job matching ini, kita berupaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Baca juga: Bursa kerja di Jember sediakan 1.237 lowongan kerja
 
Ke depan, dia berharap bisa mengundang perusahaan-perusahaan yang ada di masing-masing kecamatan di Sidoarjo, kemudian berdiskusi tentang apa saja yang menjadi persoalan serta hambatan di Kabupaten Sidoarjo.
 
"Apa itu terkait perizinan atau pekerja yang tidak memenuhi kualifikasi," tuturnya.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo Ainun Amalia menjelaskan job matching diikuti oleh 15 perusahaan yang sudah berkolaborasi dengan 18 Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK di wilayah Kecamatan Sedati, Waru, dan Taman.

Baca juga: Kota Cimahi gelar bursa kerja sediakan 994 lowongan kerja
 
Ia mengatakan, pengangguran di Kabupaten Sidoarjo saat ini sebanyak 94.176 orang.
 
"Job matching ini tujuan akhirnya untuk menekan angka pengangguran," ujarnya.
 
Menurut dia, kegiatan tersebut dikunjungi ratusan pencari kerja.

Baca juga: Disnaker Depok gelar bursa kerja diikuti 20 perusahaan
 
"Lowongan pekerjaan yang dibutuhkan ada 41 lowongan. Jumlah karyawan yang dibutuhkan dari lowongan yang tersedia sebanyak 142 karyawan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024