Kota Bandung (ANTARA) - Sebanyak 7.506 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 gelombang pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK ITB 2024 Achmad Rochliadi mengatakan bahwa ITB menggelar UTBK SNBT 2024 dalam dua gelombang.

“Pada gelombang pertama sebanyak 7.831 peserta mendaftar. Peserta yang hadir mengikuti ujian seleksi di Pusat UTBK ITB pada gelombang pertama sebanyak 7.506 orang, sehingga persentase kehadiran peserta yang mengikuti ujian sebesar 95,85 persen,” kata Achmad di Bandung, Kamis.

Menurut dia, ujian gelombang pertama dilaksanakan di Kampus ITB dan SMAN 5 Bandung.

Baca juga: 9.963 peserta ikuti UTBK-SNBT 2024 di ITS

“Dengan rincian sebanyak 6.931 peserta melaksanakan ujian di ITB dan 900 peserta di lokasi mitra yaitu di SMAN 5 Bandung,” kata dia.

Dia mengatakan sepanjang pelaksanaan UTBK SNBT tidak ditemukan indikasi kecurangan. Protokol yang ketat diterapkan meminimalisir akan adanya potensi peserta dapat melakukan kecurangan saat ujian.

Hanya saja pihaknya menemukan beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan oleh peserta, yaitu pelanggaran tata tertib seperti peserta yang tidak menggunakan kemeja berkerah, tetapi menggunakan kaus oblong dan celana yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: 10.321 peserta ikuti UTBK-SNBT 2024 di Unpad

"Semua lancar tidak ada hal yang darurat. Satu dua hal mungkin ada pada kerapian peserta ketika akan ujian atau mereka yang sakit dan harus mendapat bantuan fasilitas agar bisa ikut ujian," kata Achmad.

Adapun gelombang kedua akan dilaksanakan pada 7-20 Mei dengan jumlah peserta yang telah terdaftar sebanyak 7.845 orang. Sebanyak 900 peserta di antaranya akan melaksanakan ujian di SMAN 3 Bandung.

Dia menjelaskan peserta yang ikut UTBK SNBT nantinya bisa mengikuti saringan mandiri (SM). Sebab, ITB akan melihat nilai dari UTBK sebagai salah satu rujukan meluluskan siswa ketika mereka ingin masuk lewat jalur tersebut.

Baca juga: 1.980 calon mahasiswa ikuti UTBK di Unesa

"Kalau masuk jalur mandiri di ITB kita menggunakan nilai UTBK SNBT,” katanya.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024