London (ANTARA News) - Tim Sherwood meraih kemenangan pertamanya sebagai pelatih sementara Tottenham Hotspur pada Minggu ketika timnya bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-2 di markas Southampton di Liga Utama Inggris.

Tottenham kalah di kandang sendiri dari West Ham United di Piala Liga pada tengah pekan, menyusul pemecatan pelatih Andre Villas-Boas, dan Sherwood melihat timnya tertinggal dari Southampton akibat gol awal dari Adam Lallana.

Emmanuel Adebayor menyamakan kedudukan untuk Spurs dan gol bunuh diri Jos Hooiveld membuat tim tamu memimpin, hanya untuk disamakan kedudukan oleh Rickie Lambert yang membuat skor menjadi imbang 2-2, namun Adebayor kembali mencetak gol untuk mengunci kemenangan perdana pasca era Villas-Boas.

"Pada babak kedua mereka (para pemain) melakukannya (permainan terbaik). Kami memperlihatkan bahwa kami memiliki kualitas sebenarnya," ucap Sherwood kepada Sky Sports.

Mengenai Adebayor, yang tampil untuk pertama kalinya sejak awal pertandingan di musim ini, Sherwood menambahkan, "Emmanuel Adebayor tidak bermain, maka ia tidak memerlukan motivasi. Anda menaruh dia kembali karena apa yang telah ia lakukan sepanjang sejarah."

Takluk 0-5 di kandang sendiri dari Liverpool pada pertandingan liga terakhir mereka, Spurs melompati Manchester United di peringkat ketujuh klasemen, tertinggal empat angka dari empat besar, sedangkan Southampton tetap berada di peringkat kesembilan setelah menjalani enam pertandingan tanpa kemenangan secara beruntun.

Seperti yang ia lakukan saat melawan West Ham, Sherwood menampilkan tim inti yang kuat, dengan menduetkan Adebayor dan Roberto Soldado di lini depan, dan Mousa Dembele, Christian Eriksen, Gylfy Sigurdsson, dan Erik Lamela bermain di lapangan tengah.

Pada awalnya, Spurs kesulitan mengusai permainan, dan celah antara lini tengah tim tamu menjadi bukti saat Lallana memecah kebuntuan pada menit ke-13.

Operan Danny Fox menemui pemain internasional Inggris itu di ruang kosong antara pertahanan Spurs dan lini tengah, dan ia dengan cerdik menggeser bola menjauh dari Vlad Chiriches sebelum melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti.

Sherwood mengamati awal permainan dari box direktur di St Mary, namun ia segera turun ke lapangan setelah Southampton memimpin, dan ia melihat Spurs menyamakan kedudukan pada menit ke-25.

Operan Adebayor ke sisi kiri ditemui rekannya Soldado yang melebar daripada posisinya semestinya, namun ia melepaskan umpan silang yang dikonversi menjadi gol oleh pemain Togoitu dengan sepakan voli dari jarak dekat.

Spurs berbalik unggul sembilan menit menjelang turun minum, ketika Hooiveld secara tidak sengaja membelokkan umpan silang mendatar Danny Rose ke gawangnya sendiri, melewati kiper Paulo Gazzaniga, namun Southampton mampu menyamakan kedudukan enam menit kemudian.

Umpan terobosan Jack Cork disambut Lallana, dan ia memperlihatkan kelihaian mengagumkan untuk menggulirkan bola ke Lambert, yang dengan mudah meneruskan bola ke gawang yang kosong.

Bagaimanapun, Spurs hanya memerlukan empat menit untuk merestorasi keunggulan, di mana Adebayor menyarangkan gol keduanya dengan kaki kirinya setelah tuan rumah gagal menyapu lemparan ke dalam Kyle Walker.

Pada pertandingan lainnya, gelandang Inggris Ross Barkley mencetak gol melalui tendangan bebas brilian pada menit ke-84 untuk membawa Everton menang 2-1 atas tuan rumah Swansea City yang mendongkrak timnya memasuki zona Liga Champions.

Bek kanan Everton Seamus Coleman memecah kebuntuan pada menit ke-66 melalui tembakan dari jarak 31 meter, namun Swansea menyamakan kedudukan empat menit kemudian ketika sepakan voli Dwight Tiendalli masuk ke gawang setelah mengenai Bryan Oviedo.

Barkley memastikan kemenangan timnya, melalui tendangan bebas melengkung yang masuk ke gawang dari luar kotak penalti untuk membuat pelatih Everton Roberto Martinez menorehkan kemenangan atas bekas klubnya.

Kemenangan ini membawa Everton menduduki peringkat keempat, satu angka di bawha Chelsea, yang masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan, sedangkan Swansea tetap berada di peringkat ke-11.

"Ini merupakan kemenangan yang menyenangkan, karena ini merupakan pertandingan yang sulit pada hari ini," kata Martinez kepada Sky Sports.

"Ketika Anda melihat seseorang seperti Ross Barkley yang berkembang dari permainan ke permainan, itu memperlihatkan Anda aspek-aspek yang berbeda pada permainannya, ia jelas merupakan berlian mengagumkan di sepak bola Inggris dan tendangan bebas itu memberi Anda contoh nyata pemain seperti apa dia dan potensi yang dimilikinya."

Liverpool menggeser Arsenal sebagai pemuncak klasemen liga pada Sabtu berkat kemenangan 3-1 atas tamunya Cardiff City, sedangkan Manchester City naik ke peringkat kedua melalui kemenangan 4-1 atas Fulham.

Arsenal dapat kembali memuncaki klasemen seandainya mereka mampu mengalahkan Chelsea di Stadion Emirates pada Senin, namun pasukan Jose Mourinho akan memiliki koleksi nilai yang sama dengan Liverpool jika mereka mampu menang, demikian AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013