Solo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kebumen< Jawa Tengah, menyambangi kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membahas pengembangan kampus di daerah tersebut.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan kedatangannya ke UNS merupakan bentuk keseriusan Pemkab Kebumen dalam mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen.

"Pembahasan kami meliputi progres tahap perencanaan pengembangan kampus UNS pada lahan bekas Rumah Sakit Kebumen," katanya.

Baca juga: UNS kembangkan fasilitas pendidikan di Kabupaten Kebumen

Ia mengatakan sangat mendukung adanya program studi di luar kampus utama (PSDKU), termasuk yang dilakukan oleh UNS di Kabupaten Kebumen. Ia berharap gagasan tersebut dapat segera terealisasi.

"Semoga prosesnya nanti berjalan dengan lancar. Pada kesempatan ini, kami sangat senang bisa langsung bertemu dengan Pelaksana Tugas Rektor UNS bersama dengan Pelaksana Tugas Wakil Rektor UNS untuk melakukan komunikasi terkait penguatan kerja sama antara Pemkab Kebumen dengan UNS," katanya.

Baca juga: UNS resmikan Maker Innovation Centre wadahi kreativitas mahasiswa

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Rektor UNS Chatarina Muliana mengapresiasi Pemkab Kebumen yang bersedia berkolaborasi dalam upaya meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kebumen.

"UNS siap menyediakan sumber daya manusia (SDM) dan mengelola operasional pendirian kampus baru di Kebumen," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Edi Rianto berharap nantinya Unit Pengelola KKN UNS bisa melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kebumen.

Baca juga: UNS masuk lima besar PT terbaik versi THE Asia

"Harapan kami kegiatan pengabdian masyarakat baik dari dosen maupun mahasiswa UNS di Kabupaten Kebumen terus berjalan dan bisa lebih baik lagi. Selain itu diharapkan kegiatan KKN UNS di Kebumen dapat terus berlanjut. Dengan adanya koordinasi antara Unit Pengelola KKN UNS dengan Bappeda Kabupaten Kebumen diharapkan KKN nanti bisa lebih tertata," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024