Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 442 jamaah calon haji dan 8 orang petugas asal Kampar, Riau berangkat dari Asrama Embarkasi Haji Batam menuju Madinah, Kamis, sekaligus menjadi hari ketiga JCH Riau berangkat ke negara Saudi Arabia itu.

"Pada hari ketiga ini tercatat sudah 1.348 jamaah Riau berangkat ke Madinah," kata Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi dalam rilisnya disampaikan Humas Kemenag Riau Ana, diterima ANTARA Riau, Kamis.

Menurut dia sebanyak 1.348 JCH Riau yang berangkat menuju Madinah tersebut berasal dari Kota Pekanbaru, Kampar dan Indragiri Hilir.

Selain itu, terang Muliardi hari ketiga ini juga telah sampai ke Madinah calon haji asal Kota Pekanbaru sebanyak 442 orang tergabung dalam Kloter BTH - 06.

"Dan hari ini kembali masuk asrama jamaah calon haji yang tergabung dalam BTH-06 asal Kota Pekanbaru. Dengan tiga kali penerbangan jamaah telah tiba di asrama dan juga telah menyelesaikan prosesi kelengkapan dokumen, pemberian living cost, pemasangan gelang dan pemeriksaan kesehatan. Usai shalat Ashar, jamaah mengikuti manasik haji yang disampaikan oleh pembimbing ibadah PPIH Embarkasi Batam," katanya.

Baca juga: Anggota DPR imbau ada edukasi publik soal larangan haji tanpa visa

Ia menyebutkan kloter BTH- 05 berangkat pada pukul 12.15 WIB dengan menggunakan Saudi Arabia no SV5233 menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan akan tiba pada 16 Mei 2024 pukul 17.05 WAS. Jamaah ini akan kembali ke tanah air pada 27 Juni 2024 pukul 03.35 WIB dengan pesawat Saudi Arabian SV5126.

Petugas kloter pada BTH-05 atau ketiga Riau ini di antaranya TPHI Khairul Sabru, TPIHI Fuadi Ahmad, TKHI dr. Elsa Tubella, Sukma Dewi, Ilham Kurniadi dan dibantu PHD Harianto Arbi, Abi Nawas dan Rehulina Manita.

Berdasarkan data Kemenag Riau, bahwa 5.318 jamaah calon haji Riau berangkat dalam dua gelombang yakni pertama dari tanah air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

Jamaah calon haji Riau yang berangkat pada gelombang kedua yakni 21 Mei-1 Juni 2024 dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah.

Sebanyak 5.318 jamaah calon haji Provinsi Riau tergabung dengan Embarkasi Haji Batam (BTH). Jamaah Riau tidak lagi menggunakan Embarkasi Haji Antara Riau.

Baca juga: Kemenag ingatkan masyarakat waspadai tawaran haji tanpa menunggu

Pewarta: Frislidia
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024