Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi PLN (ITPLN) menghadirkan program baru di tahun akademik 2024/2025 untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang energi.

Untuk itu, ITPLN telah bekerja sama dengan beberapa universitas unggul di luar negeri. Program baru itu, yakni sandwich program, di mana mahasiswa akan kuliah selama tiga tahun di ITPLN dan satu tahun di universitas luar negeri. Kemudian, saat lulus nanti akan diangkat menjadi pegawai PT PLN (Persero).

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada lebih banyak calon mahasiswa berkualitas untuk bergabung dengan kami dan mengembangkan potensi mereka di lingkungan pendidikan yang berkualitas," kata Rektor ITPLN Prof Dr Ir Iwa Garniwa MK MT dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis.

Iwa juga menyebutkan beberapa fasilitas unggulan yang diberikan kampus selain kesempatan bergabung dengan PLN Group, di antaranya jaminan magang di PLN Group, sertifikat kompetensi keahlian, pembelajaran tanpa batas melalui smart class, kuliah oleh praktisi dan ahli korporasi, e-Mobility ke perguruan tinggi internasional, laboratorium transisi energi, dan berbagai beasiswa pendidikan.

ITPLN membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 untuk jenjang D3, S1, dan S2 sejak 29 Januari sampai dengan 28 Juni 2024.

ITPLN sendiri menerapkan pembelajaran modern dengan sistem 4-4-2 atau 40 persen teori, 40 persen problem solving, dan 20 persen kuliah industri untuk menghasilkan SDM kompeten dan siap kerja.

Oleh karena itu, tenaga pendidik yang ada di ITPLN juga berpengalaman. Para pemimpin perusahaan dan ahli yang akan menjadi mentor dan dosen tamu, di antaranya Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dengan para Direksi PLN lainnya, Dahlan Iskan, Ignasius Jonan, Arcandra Tahar, para profesor dan pakar dari International Sister University (partner ITPLN), dan lain-lain.

ITPLN juga mengusung pembelajaran yang inovatif dan modern, yaitu dengan memberikan gawai customize tablet yang terintegrasi dengan full digital smart class ITPLN bagi seluruh mahasiswa reguler program D3 dan S1 angkatan 2024.

ITPLN juga memastikan tidak ada biaya tambahan untuk mendapatkan fasilitas customize tablet tersebut, karena sudah termasuk dengan uang kuliah.
Baca juga: ITPLN buka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025
Baca juga: ITPLN perpanjang waktu pendaftaran mahasiswa baru tahun 2024/2025

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024