Gresik (ANTARA) - Tim putra Palembang Bank Sumselbabel menggusur Jakarta STIN BIN dari puncak klasemen sementara kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2024 setelah menang 3-0 (25-22, 25-17, 25-18) atas Jakarta Garuda Jaya di GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Kamis malam.

Kemenangan telak pada laga terakhir seri keempat putaran pertama ini membawa Palembang Bank Sumselbabel mengoleksi poin 14, hasil lima kali menang dan sekali kalah.

Namun, posisi tim asuhan Iwan Dedi Setiawan ini masih bisa digusur Jakarta STIN BIN (13) dan Jakarta Lavani Allo Bank Elektrik (12) yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Kedua tim ini baru akan memainkan laga terakhir putaran pertama pada Jumat (17/5).

Juara bertahan Jakarta Lavani akan menghadapi Kudus Sukun Badak, sedangkan Jakarta STIN BIN bertemu finalis musim lalu Jakarta Bhayangkara Presisi.

Baca juga: Jakarta Lavani kalahkan Jakarta Pertamina Pertamax
Baca juga: Jakarta STIN BIN kalahkan Jakarta Garuda Jaya 3-0 di Palembang

"Kami tidak memikirkan juara putaran pertama, kami fokus mengejar tiket empat besar. Setidaknya perlu dua kemenangan lagi untuk mengamankan tiket empat besar," kata Pelatih Palembang Bank Sumselbabel Iwan Dedi usai pertandingan.

Ia mengatakan penampilan anak asuhnya menunjukkan tren peningkatan selama putaran pertama, kendati ada sedikit kelemahan pada sisi setter.

"Yang terpenting bagaimana menjaga kondisi fisik pemain karena situasinya saat ini banyak pemain kelelahan akibat perjalanan pindah kota," ujarnya.

Kapten tim Palembang Bank SumselBabel Sigit Ardian menambahkan permainan rekan-rekannya makin solid, termasuk dua pemain asing, yakni Asmin Asfhin Far (Iran) dan Mohamed Al Hachdadi (Maroko).

"Progresnya terus meningkat dan mudah-mudahan makin solid," katanya.

Baca juga: Bank Sumsel Babel si kuda hitam Proliga 2024 kalahkan JPX 3-1

Sementara itu, Asisten Pelatih Jakarta Garuda Jaya Joni Sugiyatno mengakui penampilan timnya masih belum stabil dan terlalu sering membuat kesalahan sendiri.

"Mereka anak-anak muda yang jam terbangnya masih minim. Kesalahannya sama, receive tidak bagus, servis out dan kurang komunikasi antarpemain," katanya.

Namun demikian, Joni menyebut tim yang dipersiapkan untuk Kejuaraan Bola Voli Asia U-20 pada Juli 2024 itu sudah kelihatan progresnya.

"Setidaknya sudah ada delapan pemain yang masuk gambaran tim utama, tinggal menyeleksi enam pemain lagi," kata mantan pemain timnas itu.

Baca juga: Tempat final four Proliga 2024 pindah ke Surabaya dan Semarang
Baca juga: Klasemen tim putra pekan kedua PLN Mobile Proliga 2024


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024