Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan avtur, bahan bakar penerbangan, untuk melayani kebutuhan penerbangan haji baik saat pemberangkatan (embarkasi) pada 12 Mei-10 Juni 2024 maupun saat kedatangan (debarkasi) 22 Juni-22 Juli 2024.

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis, mengatakan pada 2024 ini, diproyeksikan 241.000 jamaah calon haji Indonesia akan berangkat melalui 13 bandara haji di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dari 221.000 jamaah haji di 2023.

"Pertamina Patra Niaga telah melakukan beberapa antisipasi, pertama dengan menyiapkan stok avtur yang cukup di seluruh aviation fuel terminal (AFT) embarkasi haji. Selain itu, untuk pengisian pesawat haji juga kami jadikan prioritas serta layanan komunikasi dengan maskapai dan bandara kami buka 24 jam untuk kelancaran perjalanan haji," kata Maya.

Ia mengatakan di 2024 ini, Pertamina Patra Niaga memproyeksikan penyaluran avtur untuk perjalanan haji akan mencapai hampir 100.000 kiloliter (kl) atau meningkat sekitar 5 persen dari penyaluran avtur pada musim haji 2023.

Penyaluran avtur untuk penerbangan haji di 13 AFT bandara embarkasi haji akan dijaga selalu dalam level aman, mulai dari Aceh (Bandara Iskandar Muda), Medan (Bandara Kualanamu), Padang (Bandara Minangkabau), Batam (Bandara Hang Nadim), Palembang (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II), Jakarta (Bandara Soekarno Hatta), Solo (Bandara Adi Soemarmo), dan Surabaya (Bandara Juanda).

Kemudian, Banjarmasin (Bandara Syamsudin Noor), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan), Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin), Lombok (Bandara Lombok), dan Majalengka (Bandara Kertajati).

"Pertamina Patra Niaga telah memetakan kebutuhan avtur di setiap AFT dan berkomitmen mendukung kelancaran ibadah haji 2024. Ini menjadi amanah kami sebagai penyedia energi di setiap perjalanan masyarakat, termasuk perjalanan haji," ujar Maya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan stok untuk 13 AFT bandara embarkasi dipastikan aman. Saat ini, ketahanan stok nasional avtur juga di atas 22 hari dan akan terus dijaga di atas level tersebut.

"Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan haji," ujar Irto.
Baca juga: Pertamina siapkan 1.300 kiloliter Avtur untuk penerbangan haji di NTB
Baca juga: Pertamina Patra Niaga pasok 200 kl Avtur ke Embarkasi Haji Palembang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024