Jakarta (ANTARA) - PechaKucha Night Jakarta Volume 49 yang diselenggarakan oleh Maverick Indonesia di Wlspro Sports Clinic and Performance pada tahun 2024 mengajak masyarakat untuk menggali inspirasi dan makna dari semangat berolahraga.

“Sebagai pemegang lisensi resmi PechaKucha Night di Jakarta, membawa tema olahraga merupakan waktu yang tepat dan sesuai dengan diskusi masyarakat saat ini. Para pembicara membagikan kisah inspiratif mereka sekaligus mengajak kita melihat perkembangan dunia olahraga dari cabang yang berbeda-beda,” kata Partner di Maverick Indonesia Dyah Ayu Arini di Jakarta, Kamis.

Dalam acara yang bertemakan “Game On, Jakarta!” tersebut, Ayu menuturkan bahwa olahraga di zaman sekarang ini, telah berkembang menjadi sarana untuk berinteraksi dan memperluas koneksi dari sisi komunitas.

Hal tersebut dapat terlihat dari data Influencer Marketing Hub 2024: Benchmark Report yang menunjukkan tren pembahasan olahraga mengalami peningkatan sebanyak 8,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Dokter jelaskan budaya olahraga di Indonesia yang perlu diubah

Baca juga: YKI: Kasus kanker meningkat di usia muda akibat gaya hidup kebaratan


Riset itu terbukti dengan banyaknya komunitas olahraga yang semakin meningkat dan kemudahan akses terhadap fasilitas olahraga. Artinya, terjadi perubahan pada makna olahraga itu sendiri, kini olahraga tidak hanya mengenai kompetisi, melainkan untuk meningkatkan kebugaran dan membawa perubahan positif dalam hidup.

Ayu melanjutkan hal tersebut yang mendorong digelarnya Pecha Kucha Night Jakarta volume ke-49, yang dihadiri oleh lima narasumber yakni Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dr. Andhika Raspati, SpKO, mantan kapten tim rugby Indonesia Daniel R. Nugroho, Jurnalis Olahraga Peksi Cahyo, Stott certified pilate instructor Desy Primasari, dan Co Founder dari Runhood and Running Rage Adystra Bimo.

Kelima narasumber tersebut diajak untuk berbagi pengalaman dan menyampaikan ide-ide mereka dengan menggunakan format presentasi 20x20 khas PechaKucha, yaitu dengan menampilkan 20 gambar yang masing-masing akan ditayangkan selama 20 detik.

“Dengan latar belakang bidang yang berbeda-beda, mulai dari atlet, fotografer, dokter, pelatih, hingga pengusaha, mereka memaparkan peran olahraga dalam kehidupan mereka dari berbagai pengalaman dan sudut pandang,” ujar Ayu.

Sementara itu, Business Development Manager di Welspro Sports Clinic and Performance Anindito Kusumajati menambahkan bahwa PechaKucha Night Jakarta merupakan kesempatan untuk berkontribusi pada perkembangan olahraga di Indonesia dan menjangkau komunitas yang lebih luas lagi.

“Sebagai pusat kesehatan dan kinerja olahraga, perkembangan industri ini lebih dari kekuatan fisik semata, tetapi juga pada keseimbangan mental,nutrisi yang tepat, serta lingkungan yang positif. Kami berharap melalui acara ini kami dapat menyebarkan lebih banyak pemahaman tentang pentingnya olahraga bagi kesehatan dan perkembangan individu,” katanya.

Baca juga: Dokter: Olahraga cara terpenting untuk mencegah varises

Baca juga: Kombinasi latihan olahraga disarankan untuk menjaga kesehatan jantung

Baca juga: Dokter: Olahraga tingkatkan kemampuan tubuh atasi kelelahan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024