Jakarta (ANTARA) - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) menjalin kerja sama pendidikan di bidang kemaritiman dengan Jiangsu Shipping College (JSSC) dan tiga mitra asal China lainnya belum lama ini.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama di Semarang pada Rabu (15/5). Program dengan nama 'Zheng He College' ini juga melibatkan dua pelaku industri yakni Jiangsu Zhongtian Technology (ZTT) dan Shanghai Sinoship Seafarer Management, serta satu asosiasi dari Jiangsu Zhenghe Research Association.

Program kerja sama ini akan melatih talenta-talenta teknisi bertaraf internasional di bidang kemaritiman, yang meliputi program pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi untuk tenaga pendidik maupun pelajar. Kolaborasi ini akan mencakup pertukaran mahasiswa dan dosen di kedua kampus.

Para mahasiswa Polimarin yang mengikuti program tersebut nantinya berkesempatan mengikuti pendidikan bidang kemaritiman secara langsung di kampus JSSC. Mereka juga akan memiliki kesempatan bekerja di perusahaan mitra kerja sama jika dinyatakan memenuhi syarat.

Direktur Polimarin Akhmad Nuriyanis mengatakan kerja sama ini sangat strategis bagi institusinya dalam menyiapkan dan meningkatkan lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan industri kemaritiman bertaraf internasional.

Sementara itu, Direktur JSSC Wu Lihua menyebutkan bahwa program kerja sama ini merupakan prioritas dan istimewa karena bukan hanya melibatkan perguruan tinggi tetapi juga industri dan asosiasi.

"Zheng He College menandai komitmen terpadu dari lima pihak untuk membina talenta maritim nasional serta mengumpulkan sumber daya pendidikan dan praktisi unggul dari dua perguruan tinggi dan dua perusahaan.

Hal ini mencerminkan semangat pertukaran budaya antara China dan Indonesia, yang menandai pendekatan baru terhadap reformasi pendidikan kemaritiman," kata Wu Lihua.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024