Jakarta (ANTARA) - OpenAI telah mencapai kesepakatan dengan Reddit untuk menggunakan data dari situs berita sosial tersebut guna melatih model kecerdasan artifisial (AI). 

Dalam sebuah postingan di situs relasi pers OpenAI, perusahaan tersebut mengatakan bahwa kemitraan dengan Reddit akan memberikan akses ke "konten yang terstruktur dan unik secara real-time" — seperti postingan dan balasan — dari Reddit, memungkinkan alat dan modelnya untuk "memahami dan menampilkan" konten tersebut dengan lebih baik. 

Konten dari Reddit akan diintegrasikan ke dalam ChatGPT, AI percakapan populer dari OpenAI, dan kedua perusahaan akan bekerja sama untuk menghadirkan fitur "bertenaga AI" baru yang tidak ditentukan untuk pengguna dan moderator Reddit.

OpenAI juga akan menjadi mitra iklan Reddit. 

Baca juga: OpenAI luncurkan GPT-4o dengan fitur premium

"Reddit akan membangun visi kuatnya dengan menggunakan platform model AI dari OpenAI," tulis OpenAI dalam postingan tersebut.

"Menggunakan LLM, ML, dan AI memungkinkan Reddit untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi semua orang," tambah OpenAI.

OpenAI memiliki beberapa kesepakatan lisensi serupa dengan penyedia konten mulai dari perpustakaan media stok hingga penerbit berita.

Namun, yang tidak biasa dari kesepakatan ini adalah bahwa Sam Altman, CEO OpenAI, memiliki 8,7 persen saham di Reddit, menjadikannya pemegang saham terbesar ketiga, dan pernah menjadi anggota dewan direksi perusahaan tersebut.

Baca juga: OpenAI ungkap alat baru yang dapat kloning suara

Untuk menghindari pengawasan, OpenAI mengatakan dalam siaran persnya, bahwa meskipun Altman tetap menjadi pemegang saham Reddit, kemitraan ini dipimpin oleh COO OpenAI Brad Lightcap dan "disetujui oleh dewan direksi independen OpenAI".

Reddit telah menjadikan perjanjian lisensi data sebagai bagian penting dari strateginya untuk tumbuh di pasar sebagai perusahaan publik.

Dalam prospektus IPO-nya, Reddit mengungkapkan bahwa mereka memiliki perjanjian kontraktual untuk melisensikan datanya kepada pelanggan termasuk Google dengan nilai gabungan lebih dari 200 juta Dolar AS (Rp3,2 triliun).

Baca juga: OpenAI dikabarkan menggunakan video YouTube untuk melatih AI buatannya

Dalam laporan pendapatan pertamanya sebagai perusahaan publik, Reddit melaporkan peningkatan pendapatan non-iklan sebesar 450 persen dari tahun ke tahun, yang sebagian besar disebabkan oleh perjanjian tersebut.

Saham Reddit naik 11 persen dalam perdagangan setelah pengumuman kesepakatan dengan OpenAI.

"Paradoks yang saya lihat adalah bahwa, semakin banyak konten di internet yang ditulis oleh mesin, semakin tinggi nilai konten yang berasal dari orang nyata," kata CEO Reddit Steve Huffman selama konferensi laporan keuangan perusahaan pada bulan Maret. "Dan kami memiliki hampir dua dekade percakapan otentik," sambung dia.

Baca juga: CEO YouTube ingatkan OpenAI supaya tidak latih AI gunakan videonya

Platform Reddit — yang memiliki lebih dari 1 miliar postingan dan lebih dari 16 miliar komentar, angka yang terus bertambah setiap hari berkat ratusan juta pengguna aktifnya — adalah tambang emas bagi perusahaan AI generatif, yang modelnya belajar dari contoh konten seperti teks dan gambar untuk menghasilkan konten baru yang serupa.

Namun, perusahaan dapat menghadapi reaksi dari pengguna yang khawatir tentang bagaimana data mereka dimonetisasi. Demikian dikutip dari TechCrunch, Kamis (16/5).

Baca juga: ChatGPT tingkatkan GPT-4 Turbo, kian cerdas untuk pengguna berbayar

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024