Tangerang (ANTARA) - Ketua Puspaga Kota Tangerang Sri Damayanti mengatakan mengatasi anak kecanduan gawai dapat dimulai dari orang tua yang menjadi teladan dengan membatasi penggunaan gawai.

"Jika orang tua terlihat sering bermain gawai, anak pasti akan mengikuti kebiasaan tersebut," kata Sri Damayanti dalam keterangannya di Tangerang, Jumat

Ia mengatakan perkembangan teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindarkan dan membawa banyak perubahan. Namun, lingkungan sekitar khususnya peran orang tua sangat penting dalam mengatasi anak kecanduan gadget.

Baca juga: Anak kecanduan gawai berisiko depresi hingga narsistik

"Orang tua perlu memperbanyak aktivitas bermain secara langsung dan bermain bersama anak. Selain itu, orang tua perlu menentukan jadwal waktu yang tepat bagi anak untuk bermain gadget,” kata dia.

Ia mengakui di era digital saat ini, menjadikan gawai sebagai kebutuhan tak bisa dielakkan. Sebab, gawai memberikan kemudahan dalam melakukan segala aktivitas, seperti bekerja, memesan makanan, membeli barang, dan berinteraksi dengan teman.

Hal ini juga tak bisa lepas dari kalangan remaja usia 12-21 tahun, bahkan anak-anak usia 7-11 tahun. Apalagi, gawai sudah menjadi barang yang tak asing bagi anak usia 3-6 tahun. Tentunya ini membawa banyak perubahan, seperti emosional dan kehidupan sehari-hari.

“Mulai banyak temuan kasus tentang anak yang kecanduan gadget membuat mereka sulit mengendalikan emosi, bahkan sampai hilang fokus dalam melaksanakan tugasnya di sekolah. Sebagai orang tua perlu memahami dunia internet dan mengajarkan penggunaannya kepada anak secara bijak,” katanya.

Selain itu, adanya pembatasan waktu terhadap anak di bawah usia dua tahun dengan tidak membiarkannya bermain gadget sendiri, termasuk televisi, telepon pintar dan tablet.

Sedangkan untuk anak usia 2-4 tahun dibatasi waktu kurang dari satu jam sehari, dan usia 5 tahun ke atas sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari.

Baca juga: Membiasakan anak fokus makan, tanpa gawai

Baca juga: Kemenkes: Kenalkan permainan tradisional cegah anak kecanduan gawai


“Apabila masyarakat ingin melakukan konsultasi lainnya, tak hanya permasalahan anak, seperti tumbuh kembang dan pola pengasuhan anak, kami juga menerima konsultasi tentang pernikahan serta hubungan keluarga,” kata dia.

Masyarakat dapat terlebih dahulu melakukan pendaftaran ke Puspaga Kota Tangerang melalui whatsapp di nomor 0896-0200-4040 atau bisa kunjungi instagram @puspaga.tangerangkota.

Puspaga Kota Tangerang berlokasi di Gedung Cisadane, RT 003, RW 004, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024