Bantul (ANTARA News) - Tim Gegana Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan sterilisasi pada sejumlah gereja besar di wilayah Kabupaten Bantul menjelang perayaan Misa Natal.

"Hari ini Tim Gegana melakukan sterilisasi gereja-gereja dan untuk di wilayah Bantul menunggu giliran setelah di Sleman yang kemudian (tim) bergeser di tempat kita," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul, AKBP Surawan di Bantul, Senin.

Kapolres menyebutkan, sejumlah gereja besar di Bantul yang akan disterilisasi di antaranya Gereja Ganjuran Kecamatan Bambanglipuro, Gereja Klodran Bantul, gereja di Pringgolayan Banguntapan, gereja di Sedayu dan gereja di wilayah Madukismo Kasihan.

"Gereja yang jadi prioritas untuk disterilisasi karena berbagai pentimbangan, di antaranya karena gereja besar yang jemaatnya banyak," katanya.

Ia mengatakan, sterilisasi gereja-gereja tersebut dilakukan pada Senin ini, karena mulai Selasa (24/12) nanti pihaknya sudah memfokuskan pada pengamanan di kawasan gereja dengan menyiagakan personel baik di dalam maupun diluar komplek gereja.

Terkait pengamanan Natal, pihaknya menerjunkan sebanyak 615 personel baik dari Polsek maupun Polres, selain itu pihaknya dibantu dari unsur TNI, Koramil, Kodim serta sejumlah organisasi masyarakat dan relawan gereja.

"Sebenarnya di Bantul ada sebanyak 49 gereja, tapi yang melakukan Misa Natal dan yang menjadi target pengamanan ada 30 gereja, sedangkan yang menjadi prioritas pengamanan adalah enam gereja besar," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak pengurus gereja terkait prosedur pengamanan agar jemaat tetap nyaman dalam beribadah, misalnya dalam hal diperbolehkannya jemaat membawa tas ataupun barang ke dalam gereja.

"Kami berharap di Bantul semua aman," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013