Jakarta (ANTARA) - Atlet angkat besi (lifter) putra andalan Indonesia Rizki Juniansyah bertekad mencapai puncak prestasi sebagai atlet dengan meraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024.

"Puncaknya atlet itu (berprestasi) di Olimpiade, karena itu tujuan di saya (berprestasi di Olimpiade Paris 2024)," ujar Rizki ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Lifter berusia 20 tahun itu telah meraih tujuh medali emas internasional dan tiga medali perak, serta mencetak rekor dunia pada tingkat senior dan junior.

Terakhir pada April, Rizki memenangkan IWF World Cup 2024 di Thailand pada kelas 73 kilogram (kg), dengan total angkatan 365 kg, memecahkan rekor sebelumnya.

Namun, Rizki mengaku masih belum puas dalam menorehkan prestasi karena belum sampai ke level Olimpiade. Oleh sebab itu, ia akan memanfaatkan kesempatan tampil perdana pada Olimpiade Paris 2024 untuk menggapai prestasi yang diinginkan.

Ia menyebutkan sejumlah lawan yang patut diperhitungkan dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu perwakilan dari China, Jepang, Bulgaria, dan beberapa negara lain dari Eropa.

"Pada kejuaraan sebelumnya lawan saya dari negara-negara itu, sehingga saya juga mengevaluasi kemampuan mereka dan bagaimana mempersiakan diri untuk bertanding di Olimpiade," ujarnya.

Baca juga: Lifter Eko maksimalkan masa menuju Olimpiade untuk pemulihan lutut

Saat ini, Rizki bersama dua rekan lain lifter putra Eko Yuli lrawan dan lifter putri Nurul Akmal terus menjalani latihan secara intensif menuju Olimpiade Paris melalui pemusatan latihan yang diadakan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) di Jakarta.

Selama menjalani pemusatan latihan, ia mengatakan mendapat banyak masukan dari lifter Eko Yuli Irawan yang sudah beberapa kali tampil pada Olimpiade.

Rizki mengaku optimistis dengan berbagai upaya persiapan yang didukung penuh pihak asosiasi maupun pemerintah, ia dapat tampil maksimal dan meraih prestasi di Paris.

"Semoga pada Olimpiade pertama saya ini bisa memberikan yang terbaik untuk meriah prestasi tertinggi saya," pungkasnya.

Baca juga: Rizki ungkap cara dapatkan kekuatan dari ibunya saat hadapi kejuaraan
Baca juga: Ketua KOI optimistis angkat besi sabet emas pada Olimpiade Paris 2024


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024