Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak masyarakat untuk mencintai olahraga melalui program Antar Kampung (Tarkam) yang digagas lembaga negara tersebut.
 
"Saya mengajak masyarakat untuk berolahraga secara rutin agar sehat dan bugar," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Rudy Sufahriadi dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat.
 
Terkait pelaksanaan program yang digagas pada tahun lalu itu, dia mengapresiasi warga Nganjuk, Jawa Timur yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Tercatat ada 1.887 peserta mengikuti program tersebut, dimulai dari 16 hingga 18 Mei.
 
Bahkan, lanjut Rudy, pembukaan program itu juga berlangsung meriah dengan mengusung konsep yang memadukan olahraga, seni, dan budaya.
 
Para pejabat yang hadir dalam pembukaan di lapangan GOR Bung Karno disambut dengan naik di atas reog yang merupakan salah satu kesenian khas Jawa Timur.
 
Selain itu, kata dia, para tamu undangan juga disambut tarian khas asal Nganjuk yakni Nyawiji.
 
Dengan kegiatan yang diikuti antusias oleh warga Nganjuk itu, Rudy turut menyampaikan salam dan apresiasi dari Menpora Dito Ariotedjo serta berharap semangat berolahraga bisa terus terjaga di wilayah itu.
 
Baca juga: Kemenpora: Kejuaraan dunia barongsai bisa tingkatkan "sport tourism"

Setelah pembukaan, kegiatan langsung dimulai dengan pertandingan perdana bola voli di GOR Juang 45.
 
Arena pertandingan itu disesaki para pendukung dan pencinta bola voli layaknya pesta rakyat.
 
Dalam program Tarkam di Nganjuk, Jawa Timur, panitia mempertandingkan cabang olahraga bola voli di GOR Juang 45, bulu tangkis di GOR Bung Karno, atletik di Stadion Anjuk Ladang, serta senam SKJ Kemenpora dan senam Sehat Bugar Kemenkes di Gedung Budaya Dispora.
 
Program Antar Kampung (Tarkam) menjadi andalan Kemenpora untuk membangkitkan olahraga di perdesaan.
 
Selain itu, program itu juga menjadi upaya Kemenpora untuk mencari bakat atlet pada usia dini dan mempertandingkan cabang-cabang olahraga yang berpotensi meraih prestasi, sehingga akan menunjang prestasi nasional.

Baca juga: Menpora harap program Tarkam bisa kolaborasi dengan PSRI 2024
Baca juga: Banda Aceh jadi tuan rumah Kejuaraan Antar Kampung 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024