Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian melaporkan bahwa Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tercapai dengan optimal sampai 2024.

Hal ini karena ada dukungan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK, kemudian ditindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020.

"Kegiatan-kegiatan kami bisa mencapai target dengan kerja sama kepada semua pihak, terutama pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota," kata Tri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tersebut menambahkan bahwa PKK telah berperan aktif dalam melaksanakan perencanaan program ketertiban administrasi dan pelaporan kegiatan.

Selain itu, keluarga sehat tanpa narkoba, kegiatan keluarga Indonesia sadar administrasi kependudukan, program penanaman unggul pada anak untuk mencapai generasi emas, program pembinaan terhadap industri rumahan untuk mencapai ketahanan ekonomi keluarga.

"Program lain adalah membantu penurunan angka stunting bekerja sama dengan bapak/ibu melalui pemberian makanan tambahan dan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga," ujarnya.

Tri mengatakan bahwa pihaknya juga telah membantu melaksanakan kegiatan penurunan angka inflasi melalui gerakan menanam cabai.

"Kami telah meningkatkan keterampilan tentang pelaksana rumah tangga dan harmonisasi keluarga melalui keluarga Indonesia sejahtera dan harmonis," jelas Tri.

Ia menuturkan bahwa pelaksanaan program keluarga sehat dan tangguh bencana melalui tiga project peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta peduli kesehatan ibu dan anak (KIA).

"Sembilan pencapaian itu telah memilih sembilan provinsi terbaik dalam pelaksanaannya," pungkasnya.

Pada HKG 2024 ini juga diberikan penghargaan Adhi Bhakti. Penghargaan ini meliputi Adhi Bhakti Utama, Madya, dan Pratama. Penghargaan Adhi Bhakti Utama ini diberikan untuk masing-masing provinsi satu orang.

Selain penyematan pin emas penghargaan kepada para yang telah berbakti hingga 30 tahun lebih bahkan ada yang 50 tahun pengabdian sebagai kader PKK, sekaligus pengumuman lomba-lomba yang diikuti kader PKK dalam Jambore Nasional PKK Tahun 2024.

Baca juga: Ketum TP PKK serahkan bantuan 22 mesin jahit untuk Kabupaten Mappi
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus gandeng PKK untuk jangkau balita penuhi gizi

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024