Mukomuko (ANTARA) -
Wakil Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Wasri meminta sebanyak 180 calon haji (calhaj) asal daerah ini menjaga kesehatan selama menjalankan tahapan ibadah haji di Madinah dan Makkah.
 
"Orang yang melaksanakan ibadah haji dibutuhkan kebugaran fisik sehingga yang paling penting bagi mereka menjaga kesehatan tubuh," kata Wabup Mukomuko Wasri saat memberikan sambutan di acara pelepasan calon haji di Masjid Agung Mukomuko, Jumat.
 
Ada dua lokasi pelepasan keberangkatan sebanyak 180 calhaj asal daerah ini, yakni sebanyak 116 calhaj di Masjid Agung Kelurahan Bandar Ratu, 62 calhaj di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya, dan dua calhaj diberangkatkan dari Padang Panjang, Provinsi Sumbar.

Baca juga: Pemerintah berangkatkan 6.931 calon haji Indonesia pada Jumat
 
Wabup juga berharap calhaj dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji selama di Madinah dan Makkah dengan tertib agar semua berjalan lancar.
 
Selain itu, ia juga meminta secara khusus kepada pembimbing dan petugas haji untuk mengurus para calhaj asal daerah ini dengan baik.
 
"Kami minta pembimbing dan petugas haji untuk menjaga keselamatan dan kesehatan calon haji, termasuk memberikan pelayanan kepada calhaj saat berada di Madinah dan Makkah," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, pemerintah daerah dan warga setempat tetap berdoa untuk para calhaj agar sampai ke tujuan dengan selamat.
 
Kepala Bagian Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Amri Kurniadi mengatakan pemda memberikan subsidi untuk akomodasi keberangkatan dan pemulangan sebanyak 180 calon haji asal daerah itu.

Baca juga: Jamaah calon haji harap perhatikan sejumlah larangan di Tanah Suci
 
"Memang kami berbagi tugas. Pemda sendiri memberikan subsidi akomodasi dan transportasi dari daerah asal ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu menjadi tanggung jawab pemda," ujarnya.
 
Ia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan lima bus yang insyaallah siap mengantar sebanyak 180 calhaj dari daerah ini ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu.
 
"Kami sudah periksa kelayakan lima bus yang mengantar ratusan calhaj seperti kelayakan rem dan ban kendaraan tersebut, dan semuanya sudah layak jalan," katanya.
 
Kemudian, pemda juga sudah mempersiapkan personel dari Polres Mukomuko, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang berhubungan dengan jalan untuk mengawal calhaj dari daerah ini ke Kota Bengkulu.
 
Ia mengatakan, personel ini mengawal calhaj mulai dari awal perjalanan dari daerah ini sampai penyerahan kepada pemerintah provinsi.
 
Kemudian, katanya, pihaknya juga sudah menyiapkan empat tenaga medis serta kendaraannya untuk ikut mengawal dan menjaga kesehatan para calhaj mulai dari daerah ini sampai ke penyerahan di provinsi.

Baca juga: Kemenag catat 34.181 calon haji Indonesia tiba di Madinah
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024