Jakarta (ANTARA) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menargetkan adanya tambahan atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui kejuaraan kualifikasi IFSC Climbing Olimpic Qualifier di China, 15-20 Mei 2024.

"FPTI menargetkan emas pada nomor speed agar menambah kuota atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris," kata Wakil Ketua Umum FPTI Herry Heryawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, FPTI menerjunkan sembilan atlet untuk bertanding di kejuaraan yang berlangsung di Shanghai, China.

Para atlet terdiri dari tiga puteri untuk nomor speed, empat putra untuk nomor speed, dan dua atlet putra untuk nomor combined.

Herry mengatakan, FPTI optimis para atlet yang dibawa akan berbuat banyak dalam kejuaraan tersebut. Seri Shanghai ini, kata dia masuk dalam sesi kualifikasi Olimpiade sehingga pemenang podium akan secara otomatis masuk dalam daftar atlet yang akan bertarung pada Olimpiade Paris

"Kami yakin para atlet akan mengeluarkan seluruh potensi terbaik mereka dalam kompetisi nanti,' ujarnya.

Baca juga: FPTI andalkan atlet panjat tebing nomor speed raih medali Olimpiade

Staf Khusus Mendagri itu menambahkan, FPTI telah menyumbangkan dua atlet yang telah mengantongi tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi nomor speed putri dan Rahmat Adi Mulyono pada nomor speed putra.

Ia berharap, atlet panjat tebing yang ke Paris bertambah dengan cara menorehkan prestasi terbaik pada kejuaraan kualifikasi tersebut.

"Semoga di turnamen Shanghai, ada satu putra dan satu putri lagi yang lolos (Olimpiade Paeri), kesempatan terbuka lebar untuk Indonesia," ujarnya.

Selain kejuaraan di Shanghai, FPTI masih memiliki satu kesempatan lagi untuk menambah kuota atlet Olimpiade melalui kualifikasi pada kejuaraan di Budapest, Hungaria.


Baca juga: FPTI andalkan atlet panjat tebing nomor speed raih medali Olimpiade

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024