Jakarta (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta dan Think Policy berkolaborasi mewujudkan Jakarta sebagai kota global sekaligus menyambut penyelenggaraan Jakarta Innovation Days Expo (JIDE) 2024.
 
"Kerja sama strategis ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan peningkatan kualitas perencanaan dan pelaksanaan kebijakan publik berbasis bukti dan riset di DKI Jakarta," kata Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika Nur Rahmania saat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang diselenggarakan di Jakarta Future City Hub, Jumat.
 
Dalam sambutannya, Atika memberikan dukungan penuh dan apresiasi terhadap berbagai inisiatif Think Policy.
 
"Dalam semangat menyambut Jakarta Innovation Days Expo (JIDE) 2024, kami percaya bahwa menggandeng Think Policy sebagai mitra strategis adalah langkah yang tepat," ujar Atika.
 
Hal ini karena diperlukan cara berpikir kreatif, inovatif, dan adaptif dalam merencanakan berbagai kebijakan serta program untuk mewujudkan DKI Jakarta sebagai Kota Global.
 
Rekam jejak Think Policy, kata Atika juga telah menunjukkan kompetensi dan dedikasi dalam mewujudkan ekosistem kebijakan publik yang lebih baik.
 
Kerja sama yang berfokus pada penciptaan dampak positif ini melalui kebijakan publik yang akan mewujudkan empat program strategis, antara lain penyusunan kajian kebijakan publik yang mencakup berbagai aspek seperti layanan transportasi publik, tata kelola pemerintahan, program lingkungan berkelanjutan, dan layanan kesehatan yang berkualitas.
 
Lalu forum diskusi kebijakan publik seperti "Ruang Tengah" yang akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk membahas isu-isu strategis yang dihadapi DKI Jakarta.

Ketiga, Bootcamp/Workshop Kebijakan Publik, dimana Think Policy akan memfasilitasi ASN Pemprov DKI Jakarta dalam merancang hingga mengimplementasikan kebijakan secara efektif yang dipandu oleh pakar dan ahli kebijakan publik.
 
Keempat, pembuatan konten edukasi kebijakan publik, yakni penyusunan konten edukasi dengan cara kreatif dan lebih segar yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan pemahaman publik terkait berbagai kebijakan dan program yang ada di DKI Jakarta.
 
Pasca penandatanganan MoU, Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy langsung melakukan diskusi Ruang Tengah dengan tema “Jakarta Menuju Kota Global: Harus Apa dan Bagaimana?” yang melibatkan berbagai komunitas mitra Think Policy di DKI Jakarta.
 
Diskusi Ruang Tengah ini merupakan salah satu langkah konkrit dari pelaksanaan komitmen antara Bappeda DKI Jakarta dan Think Policy.
 
"Ke depan, bersama Think Policy, kami akan menyelenggarakan diskusi Ruang Tengah secara berkala dengan topik yang mengikuti perkembangan isu terkini di DKI Jakarta," ujar Atika.
 
Menurut CEO Think Policy Andhyta Firselly Utami, penandatanganan MoU ini menjadi bukti atas komitmen Think Policy dalam mendukung Bappeda DKI Jakarta dalam mendukung kebijakan publik berbasis bukti dan riset.
 
Hal ini sejalan dengan visi Think Policy dalam mewujudkan kebijakan publik yang lebih baik berdasarkan bukti, data, dan empati.
 
"Kami berkomitmen untuk mendukung Bappeda DKI Jakarta melalui berbagai inisiatif kami seperti pelatihan kebijakan publik, penyelenggaraan diskusi Ruang Tengah, serta penyusunan materi edukasi kebijakan publik dengan cara yang lebih segar," ujar Andhyta.
 
Lebih lanjut, CEO Think Policy menambahkan, kerja sama ini merupakan langkah awal bagi Think Policy dalam mendukung transformasi kebijakan publik di tingkat daerah.
 
"Besar harapan kami, langkah inovasi yang dilakukan oleh Bappeda DKI Jakarta ini menjadi pionir yang akhirnya dapat diikuti oleh Pemerintah Daerah lainnya," ucapnya.
Baca juga: Guru besar UI: IPM indikator keberhasilan Jakarta sebagai kota global
Baca juga: Pemprov DKI tegaskan pentingnya pendidikan untuk ciptakan SDM unggul
Baca juga: Bangunan ramah lingkungan syarat wajib Jakarta ke depan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024