Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat menggelar Lebaran Depok 2024 sebagai tradisi pesta budaya, salah satunya dengan memotong kerbau atau "potong kebo andil" di alun-alun kota tersebut.

"Lebaran Depok bukan hanya sekadar pesta rakyat tetapi juga pesta budaya. Budaya yang diwariskan secara turun-temurun, salah satunya potong kebo andil," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Imam menuturkan kegiatan Lebaran Depok merupakan budaya yang harus dikenal warga kota tersebut dan bahkan secara nasional.

Karena Kota Depok sudah menjadi kota yang ditempati berbagai suku bangsa, kata Imam Budi Hartono, Kota Depok kini merupakan miniatur Indonesia atau bisa disebut Indonesia Kecil.

"Saat ini banyak suku yang menetap dan mencari nafkah di Kota Depok. Dan juga warganya ramah dan mendukung kebijakan pemerintah kotanya," ujarnya.

Sementara itu Ketua Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) Ahmad Dahlan menuturkan Lebaran Depok sebagai ajang budaya yang harus dipertahankan, karena terdapat kegiatan budaya yang sering dilakukan oleh orang-orang Depok tempo dulu, salah satunya potong kebo andil.

"Jadi kebo andil ini tradisi orang Betawi menjelang hari raya. Potong kebo ini untuk persiapan daging di hari raya. Cara membeli kebo andil itu dengan patungan atau urunan," tutur Ahmad Dahlan.

Pria yang akrab disapa Baba Dahlan ini melanjutkan, tradisi kebo andil di Depok ini dagingnya dibagikan kepada orang yang patungan membeli hewan tersebut untuk persiapan lebaran.

"Dagingnya dibagi rata. Untuk lebaran dipersiapkan mulai dari berbagai macam makanan, pakaian dan lainnya," ungkapnya.

Selain itu, di Lebaran Depok juga ada tradisi "ngubek empang" atau menangkap ikan untuk keperluan lebaran.

"Orang Depok dulu kalau lebaran juga patungan beli ikan kecil dipelihara di empang atau kolam iklan. Jelang lebaran empangnya diubek," tuturnya.

Selain potong kebo andil dan ngubek empang, lanjut Baba Dahlan, ada tradisi Pasar Penghabisan dan juga Rantangan.

"Kegiatan Lebaran Depok 2024 sudah keenam kali. Alhamdulillah sudah terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) karena melibatkan ratusan pelaku UMKM di Depok," tuturnya.

Ia berharap kegiatan Lebaran Depok ini bisa menghibur dan menggembirakan warga kota tersebut.

"Di Lebaran Depok tahun ini kita adakan fashion show pakaian tahun 70-an yaitu celana cutbray. Mudah-mudahan Lebaran Depok ini menggembirakan, menghibur warga," tuturnya.

Baca juga: Warga Badui "turun gunung" jalani upacara tradisi Seba

Baca juga: Bangka Tengah lestarikan tradisi "taber laut"

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024