Washington (ANTARA) - Pusat Komando Amerika Serikat (CENTCOM) mengatakan truk pertama yang membawa bantuan kemanusiaan mulai tiba di Gaza pada Jumat melalui dermaga sementara yang dibangun AS di pesisir wilayah kantung tersebut.

"Hari ini sekitar pukul 9 pagi (waktu Gaza), truk yang membawa bantuan kemanusiaan mulai bergerak ke darat melalui dermaga sementara di Gaza," kata CENTCOM melalui X. "Tidak ada pasukan AS yang mendarat di Gaza."

CENTCOM mengatakan bahwa itu adalah bagian dari upaya internasional yang berkelanjutan untuk mengirimkan bantuan kepada warga Gaza melalui koridor laut yang “sepenuhnya bersifat kemanusiaan.” Bantuan tersebut melibatkan sumbangan yang diberikan oleh beberapa negara dan organisasi kemanusiaan.

Pada Kamis, CENTCOM mengumumkan bahwa pihaknya berhasil membangun dermaga sementara di Jalur Gaza untuk pengiriman bantuan kemanusiaan di wilayah kantung Palestina itu.

Pada hari yang sama, wakil komandan CENTCOM Laksamana Madya Brad Cooper mengumumkan bahwa hampir 500 ton bantuan kemanusiaan telah dimuat ke kapal dan siap dikirim ke Gaza dalam beberapa hari mendatang. Begitu sampai di darat, pendistribusiannya hanya memakan waktu beberapa jam, katanya.


Sumber: Sputnik

Baca juga: DPR AS sahkan RUU untuk tekan Biden kirim senjata ke Israel
Baca juga: Menlu: upaya Israel hambat bantuan kemanusiaan untuk Gaza sistematis

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024