Makassar (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Danlantamal) Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rahmat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Selayar sekaitan dengan rencana pembangunan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tipe C.

Danlantamal VI Makassar Brigjen TNI Andi Rahmat disambut langsung Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali sekaligus mengunjungi lahan yang nantinya akan dibangun Markas Lanal Tipe C di Selayar, Jumat.

"Saya kunjungan kerja ke Selayar sekaligus memantau anggota saya yang bertugas di Pos TNI AL termasuk meninjau lokasi rencana pembangunan pangkalan TNI AL atau Lanal Tipe C ke depan, juga bersilaturahim dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan jajarannya," ujarnya.

Brigjen TNI Andi Rahmat bersama rombongannya saat tiba di Selayar langsung meninjau lokasi pembangunan Lanal Tipe C di Desa Bungaiya, Kecamatan Bontomatene. Selanjutnya meninjau Pos TNI AL di TPI Bonehalang Kecamatan Benteng.

"Alhamdulillah lahan untuk pembangunan Lanal sudah ada yang dihibahkan oleh pemerintah kabupaten dan nantinya kita bangun markasnya," tutur dia

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyambut baik kunjungan Danlantamal VI Makassar. Dirinya berterima kasih dengan harapan kunjungan Danlantamal membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Apalagi beliau menitip para TNI AL di Kabupaten Kepulauan Selayar agar berkoordinasi dengan baik dengan pemerintah daerah guna mendukung program-program pemerintah daerah agar dapat berjalan dengan lancar," ucapnya.

Menurut Basli, pembangunan Lantamal di Kepulauan Selayar karena posisi dan wilayah Laut Selayar yang berada pada posisi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 dan ALKI 3.

"Menurut pantauan dan data pihak Lantamal VI Makassar, pelayaran pada alur laut Selayar ini, sangat tinggi frekuensinya. Kapal-kapal asing banyak lewat karena merupakan jalur utama perdagangan dunia, disebutkan tak kurang dari 500 Kapal per hari melalui jalur ini" tutur Bupati

Oleh karena itu, keberadaan pangkalan militer AL di Kepulauan Selayar sangat diperlukan untuk meningkatkan basis keamanan NKRI, dan diharapkan dengan adanya Markas TNI AL kedepannya pengawasan lalu lintas laut wilayah teritorial Indonesia dan Selayar khususnya menjadi lebih efektif dan lebih maksimal.
Baca juga: Danlantamal VI Makassar: 33 negara konfirmasi kehadiran di MNEK 2023
Baca juga: Danlantamal VI lepas KRI Dewaruci angkut peserta Muhibah Jalur Rempah
Baca juga: "Garuda Di Lautku" akan tercatat Di Muri
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024