Rangkasbitung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Banten, Iwan Kurniawan mengatakan upacara tradisi Seba yang dilakukan masyarakat Badui harus dilestarikan karena mengandung makna tertinggi untuk memperkuat persahabatan dan persaudaraan.
 
"Kita malam ini merasa bahagia dengan menerima silaturahmi bersama masyarakat Badui Luar dan Badui Dalam," katanya saat menghadiri ritual upacara tradisi Seba yang dilakukan seribuan warga Badui di Gedung Pendopo Lebak, Jumat.
 
Perayaan upacara tradisi Seba oleh masyarakat Badui untuk membangun persaudaraan dengan pemerintah daerah dan warga Badui.
 
Untuk mensukseskan upacara tradisi Seba menjalin kerja sama dengan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak, sehingga dapat mendukung event pariwisata yang bisa mendatangkan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca juga: Warga Badui berjalan tanpa sandal menuju alun-alun Rangkasbitung 
 
Mereka para wisatawan itu nantinya dapat mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat setempat.
 
"Perayaan upacara tradisi Seba tentunya perlu dilestarikan dan dilindungi agar masyarakat Badui penuh kedamaian, keamanan dan kenyamanan", kata dia.
 
Begitu juga pelestarian lingkungan alam di kawasan Badui harus terjaga agar memberikan kemakmuran dan kesejahteraan.
 
"Momentum tradisi Seba ini diharapkan menjadikan masyarakat Badui hidup sejahtera dan hasil ladang pertanian melimpah," katanya.
 
Tetua Adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan perayaan upacara tradisi Seba yang dilakukan masyarakat Badui menjadi kewajiban, karena amanat perintah leluhur yang harus dilaksanakan.
 
Masyarakat Badui khawatir kualat hingga menimbulkan malapetaka jika tidak dilakukan tradisi Seba bersama kepala pemerintahan daerah.
 
Oleh karena itu, masyarakat Badui pada Seba tahun 2024 dihadiri sebanyak 1.500 orang tersebar di 68 kampung di pemukiman kawasan Badui.
 
Kami berharap tradisi Seba ini berjalan lancar dan mendapatkan keberkahan bagi masyarakat Badui," katanya.
 
Dalam upacara tradisi Seba masyarakat Badui di Gedung Pendopo Pemkab Lebak dihadiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga undangan tamu dari Jakarta dan Bandung.

Baca juga: Warga Badui Dalam berjalan kaki tembus hutan demi tradisi Seba
Baca juga: Seba Badui raih pariwisata terfavorit ajang Anugerah Pesona Indonesia
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024