Stabat (ANTARA) - Pemkab Langkat, Sumatera Utara, membekali para calon haji asal daerah itu dengan bumbu pecel dan sambal ikan teri sebagai menu konsumsi tambahan selama berada di Tanah Suci.

"Semoga menu ikan teri dan bumbu pecel yang dibawa itu nantinya bisa bermanfaat bagi para jamaah calon haji selama berada di Tanah Suci sebagai menu tambahan selain menu yang sudah disediakan pemerintah selama di sana," kata Penjabat Bupati Langkat Faisal Hasrimy di Stabat, Sabtu.

Selama berada di Tanah Suci, para calon haji diminta menjaga kesehatan, antara lain dengan rajin meminum air putih yang selain mengurangi dahaga di sela kegiatan ibadah juga untuk menjaga tubuh tetap bugar dari cuaca panas.

"Tetap saling kompak dan saling menjaga antarsesama jamaah selama berada di Tanah Suci. Laksanakan semua tahapan-tahapan ibadah dengan sebaiknya sesuai dengan yang sudah ditentukan," katanya.

Calon haji asal Kabupaten Langkat tahun ini yang berangkat ke Tanah Suci 460 orang, terbagi dalam dua kelompok terbang, yakni 360 orang kloter 6 berangkat Jumat (17/5) serta 100 orang kloter 7.

Baca juga: Pemerintah buat sederet inovasi tekan angka kematian jamaah haji

Calon haji laki-laki tertua atas nama Mifta bin Muhammad Jazuli umur 84 tahun asal Kecamatan Secanggang, sedangkan perempuan tertua atas nama Sukasnah binti Sumarto umur 83 tahun asal Kecamatan Secanggang.

Calon haji laki-laki termuda atas nama Addin Abdillah bin Sujationo umur 19 tahun asal Kecamatan Stabat dan perempuan termuda atas nama Azzra Khumairah binti Ahmad umur 20 tahun asal Kecamatan Bahorok.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, para calon haji asal Langkat sudah mengikuti manasik demi memberikan pembekalan berupa ilmu maupun wawasan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, demi tercapai kesempurnaan ibadah.

"Bekali diri dengan sikap sabar selalu serta ringan tangan untuk membantu yang butuh bantuan, berdoalah sepuasnya di tempat-tempat yang mustajab setelah untuk diri dan keluarga, jangan lupa doakan negeri kita, khususnya Kabupaten Langkat agar senantiasa dalam barokah Allah," katanya.

Ia mengharapkan mereka menjadi haji yang mabrur.

"Kita awali dengan niatan yang ikhlas, insyaallah menjadi kebaikan bagi kita semua dan semoga para calon haji menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Baca juga: Kemenkes pastikan langsung keamanan pangan dan pondokan jamaah haji
Baca juga: AP I pastikan barang bawaan jamaah calon haji Embarkasi Solo aman

Pewarta: Juraidi dan Imam Fauzi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024