Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengerahkan ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (19/5).
 
"Mereka akan membantu mengatur lalu lintas warga yang menyaksikan agenda itu dan peserta hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, pencanangan itu bertepatan dengan kegiatan HBKB di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Oleh karena itu, Arifin menyebut ada tambahan 500 personel Satpol PP, selain 321 personel yang ada selama ini dan rutin bertugas setiap minggu di kawasan HBKB dan akan dikerahkan di 12 titik.

Para personel juga akan menjaga ketertiban dan memberikan pengamanan kepada seluruh warga yang hadir.

Baca juga: DKI ajak warga ramaikan pencanangan HUT ke-497 Jakarta di Bundaran HI
Baca juga: Ini aneka rekomendasi wisata libur akhir pekan di DKI Jakarta


Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti aparat kepolisian.
 
"Kami terus berkoordinasi dengan kepolisian apabila terjadi gangguan keamanan atau adanya kriminalitas saat acara berlangsung," ujar Arifin.

Selain itu, pihaknya juga mendirikan 10 posko atau tenda di kawasan Bundaran HI untuk menampung laporan warga terkait jika ada tindak kriminal, seperti pencurian, perkelahian, tindakan asusila, kecelakaan dan kehilangan keluarga pada saat pelaksanaan acara.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dijadwalkan ikut hadir dalam acara tersebut.

Acara dimeriahkan grup musik Kahitna serta hiburan menarik lainnya yang dimulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Baca juga: Disbud DKI persiapkan atraksi hingga tradisi Betawi di HUT Jakarta

Selain itu, ada senam kicir-kicir di sekeliling Bundaran Hotel Indonesia dan sejumlah atraksi budaya seperti Gondel atau gotong ondel-ondel, pertunjukan Tarian Betawi dan penampilan menarik lainnya.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024