Jakarta (ANTARA) - Semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia kini telah memasuki leg kedua yang mempertemukan Persib Bandung kontra Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu pukul 19.00 WIB.
 
Pertandingan antara kedua tim ini diyakini akan berlangsung sengit karena baik Persib Bandung ataupun Bali United masih memiliki peluang sama besar untuk melaju ke partai final.
 
Hasil imbang 1-1 yang diterima kedua tim pada leg pertama membuat tak ada yang diunggulkan secara agregat. Namun, baik Persib Bandung maupun Bali United memiliki keunggulannya masing-masing.
 
Persib Bandung tentu memiliki keuntungan memainkan laga kandang dengan dukungan penuh dari suporter, sedangkan Bali United tak gentar meski harus berlaga di kandang Maung.
 
Tercatat Bali United memiliki rekor pertemuan apik dari Persib Bandung setelah selama era Liga 1, Serdadu Tridatu sama sekali belum pernah dikalahkan Maung Bandung.
 
Beberapa fakta ini membuat laga diyakini akan berjalan seru dan sengit sejak awal hingga dibunyikan peluit panjang, bahkan hingga drama adu penalti.
 
Halaman berikut: Persib Bandung berpeluang akhiri rentetan hasil buruk

Persib Bandung berpeluang akhiri rentetan hasil buruk
 
Persib Bandung memiliki peluang untuk mengakhiri rentetan hasil buruk yang kerap mereka dapatkan ketika berjumpa dengan Bali United.
 
Secara keseluruhan sepanjang era Liga 1, Persib Bandung telah berjumpa Bali United sebanyak 12 kali dan tim asal asal Kota Kembang tersebut sama sekali belum pernah meraih kemenangan dari Serdadu Tridatu.
 
Pada 13 pertemuan pada ajang Liga 1, termasuk leg pertama lalu, Persib Bandung tercatat hanya mampu mendapatkan delapan hasil imbang, sedangkan sisanya berakhir dengan kekalahan.
 
Persib Bandung tercatat terakhir kali mengamankan kemenangan atas Bali United adalah pada kompetisi tidak resmi Indonesia Soccer Championship di mana Maung Bandung mengamankan kemenangan 2-0 di kandang.
 
Partai leg kedua ini menjadi momen besar bagi Persib Bandung mengakhiri torehan buruk ketika berjumpa Bali United, sekaligus memegang tiket ke final Championship Series Liga 1 Indonesia musim ini.


 
Ketangguhan Bali United telah teruji

Ketangguhan Bali United telah teruji
 
Meski Persib Bandung akan mendapatkan dukungan penuh dari suporternya, ketangguhan Bali United sudah tak perlu diragukan lagi ketika berlaga di Bandung.
 
Bali United tercatat memiliki memori bagus ketika bertandang ke Bandung karena cenderung selalu membawa poin, namun kali ini situasinya adalah pertandingan gugur.
 
Pada musim lalu, ketika Persib Bandung bermain di hadapan publiknya sendiri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bali United mampu meraih kemenangan dengan skor 3-2 meski sempat beberapa menit bermain dengan 10 orang.
 
Sementara pada musim ini di Regular Series, ketika bermain di Stadion GBLA, Bali United menahan imbang Persib Bandung dengan skor sama kuat 0-0.
 
Ketika bertandang ke Stadion Si Jalak Harupat, Bali United tercatat menelan satu kekalahan dan mampu mengamankan satu kemenangan.
 
Kekalahan didapatkan Serdadu Tridatu pada ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A pada 2016 lalu dengan takluk 0-2 dari Persib Bandung.
 
Sementara itu kemenangan Bali United didapatkan pada pekan ke-11 Liga 1 Indonesia dengan skor 2-0 atas Persib berkat gol Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic.
 
Halaman berikut: Hasil Bali United ketika bertandang ke markas Persib Bandung

Berikut hasil Bali United ketika bertandang ke markas Persib Bandung
 
Liga 1
 
(03/08/2023) Persib Bandung 0 - 0 Bali United(23/08/2022) Persib Bandung 2 - 3 Bali United​​​​​​​(26/07/2019) Persib Bandung 0 - 2 Bali United​​​​​​​(30/10/2018) Persib Bandung 1 - 1 Bali United​​​​​​​(21/09/2017) Persib Bandung 0 - 0 Bali United

*Liga 1 musim 2021/22 dilaksanakan dengan sistem bubble.

ISC A
 
(14/05/2016) Persib Bandung 2 - 0 Bali United
​​​​​​​
 
Halaman berikut: Mental menjadi faktor penting

Mental menjadi faktor penting
 
Pada pertandingan ini, mental akan menjadi faktor penting bagi kedua tim untuk bisa memastikan langkah mereka ke babak final Championship Series Liga 1 Indonesia musim ini.
 
Berbeda dengan leg pertama, leg kedua tentu akan jauh lebih berat karena jika tak ditemukan pemenang pada 90 menit, maka laga akan dilanjut ke babak tambahan atau bahkan hingga adu penalti.
 
Kedua pelatih dari masing-masing tim harus mampu mengendalikan mental anak-anak asuhnya dengan baik untuk tetap tampil baik meski ketika sudah memasuki waktu tambahan atau adu tendangan penalti.
 
Baik Persib Bandung atau Bali United harus mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu untuk bisa setidaknya mengganggu mental dari lawannya.
 
Jika nantinya pemenang harus ditentukan dengan adu tendangan penaltinya, Bojan Hodak dan Stefano Cugurra harus memotivasi pemain-pemainnya untuk maju tanpa tekanan serta melaksanakan tugasnya dengan baik.

Halaman berikut: Komentar masing-masing pelatih
Komentar masing-masing pelatih
 
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyakini jika laga leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia kontra Bali United tidak akan berjalan mudah.
 
Berbicara pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat, Bojan menjelaskan Bali United adalah tim yang tangguh sehingga tentu laga akan menjadi tantangan besar bagi Marc Klok serta kolega.
 
"Sekali lagi pertandingan yang tidak mudah, tiga pertemuan sebelumnya (vs Bali United) hasilnya imbang, draw, semua pemain tentunya termotivasi untuk memenangkan pertandingan besok," ungkap Bojan.
 
Sementara itu, Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra menegaskan jika timnya harus mewaspadai semua pemain Persib Bandung ketika melakoni pertandingan nanti.
 
Berbicara pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat di Bandung, Teco mengatakan memang ada beberapa pemain yang menonjol, namun semua pemain Persib memiliki kualitas.
 
"Semua pemain Persib bagus, kami tak bisa hanya mewaspadai satu pemain saja. Mungkin ada pemain yang banyak cetak gol seperti David (Da Silva) dan Ciro (Alves), tapi pemain lain juga punya kualitas jadi kami tetap harus mewaspadai semua pemain," tegas Teco.


Baca juga: Mohammed Rashid junjung tinggi profesionalisme saat hadapi Persib
Baca juga: Perkiraan susunan pemain Persib Bandung vs Bali United
Baca juga: Polresta Bandung : 1.500 personel amankan laga Persib vs Bali United
Baca juga: Bali United harus waspadai semua pemain Persib Bandung

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2024