Gresik (ANTARA) - Tim putri Jakarta Livin Mandiri meraih kemenangan pertamanya setelah membekuk juara bertahan Bandung bjb Tandamata dengan skor 3-0 (25-23, 25-23, 25-23) pada laga pembuka seri pertama putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Sabtu.

Hasil ini sangat mengejutkan mengingat Livin Mandiri mendapat predikat tim lemah di kompetisi Proliga musim ini setelah tidak pernah menang dalam enam laga selama putaran pertama.

Lebih mengejutkan lagi karena tim asuhan Mohammad Ansori ini bisa menang telak 3-0 sekaligus membalas kekalahan 1-3 dari Bandung bjb Tandamata pada putaran pertama.

"Kuncinya mengurangi kesalahan sendiri dan memperbaiki receive (penerimaan bola pertama). Hari ini mainnya anak-anak bagus, servis tidak banyak salah, blok juga bagus," kata Pelatih Jakarta Livin Mandiri Mohammad Ansori usai pertandingan.

Selain itu, Ansori juga menginstruksikan anak asuhnya untuk menyerang lewat servis dan meredam serangan dua pemain asing bjb Tandamata, yakni Hanna Davyskiba dan Jovana Brakocevic.

Baca juga: Jakarta Popsivo kokoh di puncak klasemen setelah bekuk Livin 3-0

"Dari hasil evaluasi pertemuan pertama, serangan mereka banyak bertumpu pada kedua pemain asingnya. Itu yang kita redam, selain Davyskiba penerimaan bola servisnya juga tidak begitu bagus,” jelas Ansori.

Pemain Jakarta Livin Mandiri Naysilla Wiedy Kirana mengaku bersyukur timnya akhirnya bisa meraih kemenangan setelah mendapatkan hasil buruk pada putaran kedua.

"Ini bisa menjadi tambahan motivasi bagi kami untuk bermain lebih baik lagi. Tidak banyak bikin salah sendiri, perbaiki receive dan servis. Hari ini receive bagus sehingga memudahkan saya mengatur serangan,” kata pemain berposisi setter ini.

Laga Bandung bjb Tandamata melawan Livin Mandiri berlangsung cukup ketat dan selalu terjadi kejar-mengejar poin sejak set pertama hingga ketiga.

Baca juga: Bandung bjb raih tiga kemenangan berturut-turut usai taklukkan JLM

Akan tetapi, pada saat poin-poin kritis di atas 20, pemain bjb Tandamata tampak seperti kehilangan fokus dan melakukan kesalahan receive. Situasi itu bisa dimanfaatkan Livin Mandiri untuk menyerang balik dan menghasilkan poin.

Seperti pada set ketiga saat skor 20-20, bjb Tandamata sempat unggul 22-21, tetapi Livin Mandiri bisa menyamakan skor 22-22. Bahkan, Livin Mandiri menambah lagi dua poin hingga akhirnya menang 25-23.

Pemain asal China Liu Yan Han memberikan andil besar bagi kemenangan Livin Mandiri dengan mencetak 22 poin ditambah Karsta Frances Lowe yang menyumbang 18 poin.

Baca juga: Jakarta Electric PLN menang dramatis atas Bandung BJB

Selanjutnya: Sementara dari tim Bandung


  Sementara dari tim Bandung bjb Tandamata, Davyskiba menjadi top skor dengan membukukan 20 poin dan Brakocevic "hanya" mencetak 10 poin.

"Hari ini tim kami bermain buruk, tidak seperti yang ditampilkan saat latihan. Sering ada miskomunikasi antarpemain, receive buruk dan servis sering tidak masuk. Saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi segera dilakukan evaluasi," kata Pelatih Bandung bjb Tandamata Alim Suseno menanggapi kekalahan telak timnya.

Alim menambahkan kesalahan justru terjadi saat poin-poin kritis yang akhirnya memberi kesempatan lawan mengambil poin.

"Kekuatan kami musim ini memang tidak sebagus musim lalu, tetapi kalah telak dari tim yang sebelumnya tidak pernah juga menjadi pertanyaan," tambahnya.

Pemain Bandung bjb Tandamata Khalisa Azilia Rahma juga mengakui seringnya ada miskomunikasi di antara rekan-rekan di lapangan sehingga menguntungkan lawan. "Kami semua baik-baik saja, tidak ada masalah. Memang main kita hari ini sedang tidak bagus," katanya.

Baca juga: Tuan rumah Gresik Petrokimia gagal bendung Jakarta BIN
Baca juga: Tim putri Jakarta Pertamina akhir putaran pertama dengan kemenangan


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024