Jakarta (ANTARA) - Artis Johan Morgan bergabung dengan tim pemenangan Dharma Pongrekun-Kun
Wardana Abyoto di Pilkada DKI Jakarta melalui jalur independen atau perseorangan.

Dharma mengemukakan bahwa ia hanya akan melibatkan orang-orang yang telah dikenal rekam jejaknya di bidang masing-masing untuk membantunya menuju kursi Gubernur Jakarta.

Diharma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, meminta Johan untuk membantu dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas termasuk kepada insan media.

Dia mengenal beberapa nama yang dapat membantu upaya menuju kontestasi Gubernur Jakarta. "Ada nama Johan Morgan yang merupakan sahabat saya sejak lama dan sudah jelas rekam jejaknya selama ini," katanya.

Johan yang berasal dari Medan, Sumatra Utara, terpilih sebagai konsultan kehumasan bagi Dharma karena melihat sepak terjang Johan yang telah malang melintang selama 24 tahun di industri sinematografi nasional.

Baca juga: Komjen (Purn) Dharma Pongrekun deklarasi maju di Pilgub DKI Jakarta

Mantan model "catwalk" era akhir 1990-an ini pun ingin membantu Dharma dengan berbagi pengalaman mengenai cara berbicara di hadapan publik, termasuk penampilan dan gaya berbicara di depan kamera.

Apalagi sejak mendeklarasikan diri pada 3 Februari 2024, Dharma sering mendapatkan undangan menghadiri acara diskusi di sejumlah podcast media sosial (medsos).

"Pak Dharma sejak beberapa bulan lalu minta kepada saya agar membantu dalam urusan kehumasan termasuk perihal 'public speaking'," kata pemilik nama lengkap Johanmen Donades Purba itu.

Misalnya, bagaimana gaya berbicara yang ideal saat tampil di depan publik dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengalamannya selama ini di dunia seni peran.

Sejauh ini Johan melihat mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tersebut sudah semakin baik cara penyampaian kepada publik untuk memaparkan program-program kerja ketika nantinya terpilih sebagai orang nomor satu di Jakarta.

Baca juga: KPU DKI terima konsultasi Dharma Pongrekun sebagai cagub perseorangan

Dia berharap pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang mendapat dukungan sebanyak 840.640 Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta dapat lolos dari serangkaian verifikasi yang dilakukan KPU Jakarta dan ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta periode 2024-2029.

Artis peraih gelar sarjana pertanian itu mengutarakan, dirinya berencana untuk lebih serius lagi menggeluti bisnis jasa konsultan pencitraan bagi individu yang ingin meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan "public speaking" di masyarakat.

"Membantu mendampingi Pak Dharma saya jadikan sebagai titik awal untuk membangun bisnis konsultan pencitraan diri. Karena saya melihat peluangnya masih terbuka lebar dan permintaannya selalu ada," katanya.

Setiap calon kepala daerah juga perlu di-"create" kemampuan berkomunikasinya agar disukai oleh banyak orang.

Baca juga: Dharma Pongrekun bentuk tim untuk kumpulkan dukungan maju Pilkada DKI

Johan bukanlah nama baru di industri sinematografi nasional lantaran telah memulai debutnya sebagai "Bram" dalam serial televisi "Panji Manusia Millenium" pada 2000.

Karirnya melejit ketika memerankan "Nicholas Firdaus" dalam sinetron paling hits di Indonesia, "Ikatan Cinta" yang ramai dibicarakan oleh penggemar sinetron di tanah air.

Johan tercatat telah membintangi lebih dari 60 judul sinetron dan film televisi (FTV). Beberapa di antaranya seperti "Hikmah", "Hidayah", "Saur Sepuh The Series", "Raden Kian Santang" dan "Siapa Takut Jatuh Cinta".

Terakhir pada 2023 lalu ia membintangi serial "Bintang Samudera" dan berperan sebagai "Pranoto", seorang perwira TNI Angkatan Laut.
Sedangkan untuk layar lebar, ia telah membintangi lima judul film.

Baca juga: Dharma Pongrekun antarkan syarat dukungan ke KPU DKI Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen atau perseorangan, Dharma Pongrekun-Kun Wardana menyerahkan sebanyak 840.640 dukungan sebagai persyaratan maju di pemilihan gubernur (pilgub) Jakarta.

"Saat ini KPU DKI Jakarta telah menerima dokumen dukungan persyaratan bakal pasangan calon, dukungan tersebut sudah diunggah ke dalam aplikasi Silon," kata Ketua Divisi Teknis KPU DKI Dody Wijaya di Jakarta, Jumat (17/5).

Dari penghitungan persyaratan dokumen dukungan tersebut, KPU DKI menyatakan kelengkapan dukungan untuk pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI jalur perseorangan tersebut.

"Dharma Pongrekun dan Kun Wardana hadir langsung dalam penyerahan dokumen persyaratan jalur perseorangan ke kantor KPU Provinsi DKI Jakarta pada Kamis kemarin," kata dia.
Baca juga: KPU DKI verifikasi administrasi Dharma Pongrekun hingga 29 Mei
​​​​​​​

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024