Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 7.773 jamaah calon haji Indonesia menuju Tanah Suci pada Sabtu ini.

Seluruh jamaah calon haji yang berangkat pada hari ini terbagi ke dalam 20 kelompok terbang (kloter) dari seluruh Indonesia dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Arab Saudi.

"Hari ini terdapat 20 kloter dengan 7.773 orang yang diterbangkan ke Madinah," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu.

Secara rinci, Widi menyebutkan seluruh jamaah calon haji yang diberangkatkan berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter dan embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter.

Selanjutnya, embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter, embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 orang atau satu kloter, dan embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Baca juga: Makanan jamaah calon haji akan dites sebelum didistribusikan
Baca juga: PPIH: JCH lansia Embarkasi Batam duduk di kelas bisnis


"Kemudian embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 440 orang atau satu kloter, embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter," ujarnya.

Kemudian, kata Widi, embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 orang atau empat kloter, embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.486 orang atau empat kloter, serta embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Selanjutnya, embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter, embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter, serta embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter.

Widi menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, ia juga mengimbau seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Baca juga: Pemerintah buat sederet inovasi tekan angka kematian jamaah haji
Baca juga: Kemenkes pastikan langsung keamanan pangan dan pondokan jamaah haji

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024