Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo, mengatakan, sosialisasi tahapan pemilihan untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Yusharto di Makassar, Sabtu, mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan hari ini untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah strategis dalam rangka mempersiapkan dan memastikan penyelenggaraan Pilkada Serentak berjalan lancar.

Serta kondusif mulai dari pemungutan suara, perhitungan suara bahkan hingga pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih nanti.

Lebih lanjut Ia mengatakan, sosialisasi ini tidak hanya membahas tentang prinsip penyelenggaraan Pemilukada yang berintegritas, tetapi juga fokus pada langkah-langkah krusial lainnya.

“Salah satu agenda utama adalah pembahasan terkait Peran Pemerintah Daerah serta dukungan pihak keamanan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024,” ujarnya pada Sosialisasi Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan, Sabtu.

Selain itu, lanjut dia, dalam sosialisasi juga membahas persiapan teknis dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kelancaran penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini, berbagai hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 dapat kita atasi bersama dan pada gilirannya kita akan mendapatkan pemimpin daerah yang bijaksana dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah” ucap Yusharto Huntoyungo.

Dalam sosialisasi ini, masing-masing pihak terkait memaparkan kesiapan dan langkah-langkah yang telah dilakukan, serta mengidentifikasi potensi kendala dan solusi yang diperlukan.

Sementara Bupati Luwu Timur, Sulsel Budiman usai menghadiri acara tersebut menyambut baik atas arahan yang disampaikan Yusharto Huntoyungo.

Ia menegaskan pentingnya menyelenggarakan tahapan pilkada dengan penuh integritas dan transparansi. Hal ini menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas dan bermartabat.

“Pemerintah Kabupaten Luwu Timur siap menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024,” tegas Budiman.

Dirinya juga menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Luwu Timur berjalan Luber, Jurdil sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Olehnya itu, Ia mengajak seluruh pihak terkait untuk bekerja sama secara sinergis dan bahu membahu menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Dengan terjalin komunikasi dan kolaborasi yang solid antar semua pihak serta semangat gotong royong dan komitmen bersama, Pilkada 2024 di Luwu Timur diyakini akan terlaksana dengan sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas,” ucap Bupati.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024