Palembang (ANTARA) -
Seorang calon haji asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Palembang yang meninggal dunia di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang, Sumatera Selatan rencananya dipulangkan ke kediamannya.
 
"Jamaah asal Babel Umiyana Saibi Umar (40) yang tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Palembang yang meninggal di Palembang pada sore ini di RS Siti Fatimah Palembang akan kami pulangkan ke kediamannya ke Bangka," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil di Palembang, Sabtu.
 
Ia menerangkan Umiyana calon haji kloter 5 tiba di Bandara SMB II Palembang pada Jumat (17/5). Saat transit di Palembang menunggu penerbangan ke Madinah, kondisi kesehatannya drop sehingga harus dirujuk ke RS Siti Fatimah.

Baca juga: Calon haji Bangka meninggal dunia di rumah sakit Palembang
 
Rencananya, jenazah dibawa hari ini ke Babel melalui Pelabuhan Tanjung Api-api. Lantaran meninggal di embarkasi, almarhumah akan dibadalhajikan.

“Pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jamaah yang memenuhi kriteria," katanya.
 
Dia mengatakan ada tiga kelompok jamaah yang dibadalhajikan. Pertama, anggota jamaah yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah.
 
Kedua, anggota jamaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan dan ketiga, anggota jamaah yang mengalami gangguan jiwa.

Baca juga: Satu calhaj asal Banjarnegara Jateng meninggal di Tanah Suci
Baca juga: Seorang calon haji asal Lubuklinggau meninggal dimakamkan di Madinah
Baca juga: Seorang calon haji wafat di Madinah akan dibadalhajikan

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024