Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengatakan Pemprov Jabar terus intens mendorong percepatan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Banjar-Pangandaran dan Ciwidey-Bandung, dengan pemerintah pusat.

Bey mengatakan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merespons baik dan juga mendukung proyek tersebut.

"Respons sangat baik, kami berbicara sangat detail dan mereka sangat mendukung percepatan dan ini dalam progres," kata Bey dalam keterangan di Bandung, Sabtu (18/5).

Lebih lanjut, Bey mengatakan ada tiga program yang menjadi perhatian Pemprov Jabar, yakni reaktivasi sejumlah jalur kereta api di Jabar, elektrifikasi kereta jalur Padalarang-Cicalengka serta pembangunan LRT Bandung Raya.

"Beberapa hari lalu saya ke Jakarta bertemu dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas membahas ulang tentang LRT, elektrifikasi kereta yang dari Padalarang sampai Cicalengka dan reaktivasi jalur kereta," kata Bey.

Lebih lanjut, Bey menyebutkan bahwa masih ada harapan agar reaktivasi dan elektrifikasi bisa lebih cepat.

Bey mengungkapkan, reaktivasi jalur Banjar-Pangandaran sudah memiliki Detail Engineering Design (DED) dan jalur tersebut memungkinkan agar cepat terealisasi.

"Intinya kami berharap tahun ini bisa ada yang nyata, sehingga tahun depan tinggal meneruskan. Saya juga berharap sekali elektrifikasi Padalarang-Cicalengka," katanya pula.
Baca juga: Bey: Jabar mulai usulkan reaktivasi jalur KA Ciwidey dan Pangandaran
Baca juga: KAI: Perlu analisis soal reaktivasi jalur Ciwidey dan Pangandaran

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024