Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah Jakarta cerah berawan pada Minggu siang ini yang bertepatan dengan penyelenggaraan kegiatan Pencanangan hari ulang tahun (HUT) ke-497 Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Adapun Kepulauan Seribu menjadi satu-satunya kawasan yang diprediksi cerah oleh BMKG, seperti disiarkan laman resmi https://www.bmkg.go.id/.

Pada pagi hari ini, seluruh kawasan Jakarta cerah termasuk Kepulauan Seribu kemungkinan cerah.

Lalu, pada malam hari nanti, BMKG memprakirakan wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diguyur hujan dengan intensitas ringan, sementara Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara kemungkinan berawan, lalu Kepulauan Seribu diprediksi cerah berawan.

Kemudian, pada dini hari, seluruh kawasan Jakarta diprakirakan akan cerah berawan.

Suhu rata-rata hari ini berkisar antara 25 - 32 derajat Celcius dengan kelembapan antara 60 - 90 persen.

Sebelumnya, BMKG menyatakan fenomena panas dan gerah yang belakangan terjadi di Indonesia dipicu faktor pemanasan permukaan sebagai dampak dari mulai berkurangnya awan dan curah hujan, bukannya gelombang panas.

Menurut BMKG, kondisi gerah saat ini merupakan salah satu hal umum yang terjadi pada periode peralihan musim hujan ke musim kemarau.
Baca juga: Proses pembebasan lahan bantaran Ciliwung terus berlangsung

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024