Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik selama sepekan kami sajikan agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari tokoh pers Prof. Salim Said meninggal dunia hingga calon anggota legislatif (caleg) terpilih Pemilu 2024 harus mundur bila maju pada Pilkada 2024.

1. PDIP akan usung Ahok di Pilkada Sumut 2024

PDI Perjuangan berencana mengusung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Sumatera Utara 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga tak menampik bahwa mantan Komisaris Utama Pertamina itu banyak disebut di internal PDI Perjuangan dalam pembahasan kandidat bakal cagub DKI Jakarta 2024. Kendati demikian, Ahok juga berpeluang masuk ke dalam bursa bakal cagub Sumut 2024.

Selengkapnya baca di sini.

2. Tokoh Pers Prof. Salim Said meninggal dunia

Prof. Salim Said, tokoh pers dan perfilman nasional yang juga pernah bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Republik Ceko, meninggal dunia setelah sempat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Sabtu (18/5) pukul 19.33 WIB.

Kabar meninggalnya Prof. Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty, dalam pesan singkat yang diterima sejumlah wartawan di Jakarta, Sabtu (18/5).

Selengkapnya baca di sini.

3. KPU: Caleg terpilih harus mundur bila maju Pilkada 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Pemilu 2024 harus mengundurkan diri apabila mencalonkan diri dalam Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Hasyim dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/5). Sebelumnya, dia menyatakan caleg terpilih tak harus mundur bila maju pilkada.

Selengkapnya baca di sini.

4. Prabowo yakin APBN mampu biayai program makan siang gratis

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto yakin APBN mampu membiayai program-program prioritasnya; antara lain makan siang dan susu gratis untuk pelajar, dan program perbaikan gizi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Di hadapan para investor asing, praktisi ekonomi, dan perwakilan negara asing di Doha, Qatar, Prabowo mengaku optimistis bahwa dia mampu menjaga defisit APBN tak lebih dari 3 persen saat mengalokasikan anggaran untuk program-program prioritasnya itu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Jokowi tugaskan Grace Natalie-Juri Ardiantoro jadi Stafsus Presiden

Presiden Joko Widodo menugaskan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan mantan Deputi Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro sebagai Staf Khusus Presiden.

Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (15/5).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024