Jakarta (ANTARA) - Petinju Oleksandr Usyk menghajar Tyson Fury untuk merengkuh gelar juara kelas berat sejati pada duel sengit yang berlangsung di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu pagi WIB.

Dilansir dari AFP, Usyk mengakhiri duel yang berjalan selama 12 ronde dengan kemenangan angka 115-112, 114-113 dan juri ketiga memberi angka kemenangan kepada Fury, 113-114.

"Ini adalah kesempatan besar bagi saya, untuk keluarga saya, untuk negara saya. Ini waktu yang tepat, hari yang menyenangkan dan saya siap untuk pertandingan ulang," ujar Usyk seusai pertandingan.

Usyk yang merupakan petinju dari Ukraina menjadi yang tetap tak terkalahkan, bergabung dengan rekor petinju lain seperti Muhammad Ali, Joe Louis dan Mike Tyson sebagai juara kelas berat yang tak terbantahkan, yang pertama sejak tinju mengakui empat sabuk utama pada dekade 2000-an.

Baca juga: Tyson Fury janji "jatuhkan" Oleksandr Usyk

Dengan kemenangan tersebut, mantan juara kelas penjelajah yang tak terbantahkan tersebut dapat secara sah mengklaim dirinya sebagai yang terbaik dari era kelas berat ini, meskipun pertandingan ulang yang diharapkan pada bulan Oktober dapat memberikan hasil lain.

Di ronde pertama, kedua petinju saling melakukan penjajakan dengan melepaskan pukulan jab-jab ke arah kepala dan badan untuk mencari poin. Usyk menguasai ritme pertandingan hingga ronde keempat dengan membawa Tyson harus mengikuti tempo serangan cepat.

Usyk melepaskan dua pukulan rendah di ronde kelima dan tertangkap dengan hook kiri saat Fury terus terlihat nyaman dengan gaya permainan yang memanfaatkan postur tinggi badan.

Memasuki ronde kesembilan, Usyk nyaris membuat KO Fury, usai melepaskan hook kiri yang menghantam wajah Fury yang membuatnya goyah namun bel ronde berbunyi menghentikan momentum yang diperoleh.

Memasuki ronde ke-12, kedua petinju masih saling berbalas pukulan tanpa mengendurkan tempo namun tak ada yang benar-benar mampu membuat KO lawan. Pertarungan berakhir dengan keputusan juri yang menetapkan Usyk sebagai pemenang.

Kemenangan ini membuat Usyk merusak rekor tak terkalahkan Fury dalam 36 pertarungan yang dijalaninya. Lalu Usyk kian mempertajam rekor tak terkalahkannya dengan mencatatkan 22 kemanngan (14 KO) dalam 22 pertarungan.

Baca juga: Tyson Fury siap bertarung habis-habisan melawan Oleksandr Usyk

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024