Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara roadshow FoodStartup Indonesia (FSI) di 2024 untuk mengakselerasi pembiayaan industri kuliner semakin berkelanjutan.

Program FSI telah menjadi program rutin dari Kemenparekraf sejak 2016 yang ditujukan mewadahi para pelaku usaha kuliner dapat meningkatkan bisnisnya lewat pendalaman materi strategi penjualan, pengembangan produk, negosiasi bisnis, hingga membangun jaringan antar pelak usaha.

"Kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan program ini, khususnya bagi pelaku usaha kuliner yang berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). Pendaftaran program FSI 2024 telah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2024. Pelaku usaha kuliner dapat mendaftarkan diri melalui laman www.foodstartup.id," ujar Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: Menparekraf ajak investor dukung kuliner lewat FoodStartup Indonesia

Baca juga: FoodStartup Indonesia pertajam kemampuan pebisnis lokal


Untuk 2024, program FSI dihelat dengan menggandeng perusahaan teknologi Wahyoo Ventures yang bertujuan mengakselerasi pembiayaan dan permodalan hingga mendorong pelaku usaha kreatif subsektor kuliner untuk lebih berinovasi.

Kerja sama itu diharapkan dapat juga memperluas jangkauan ke pelaku usaha kreatif kuliner Indonesia khususnya yang berbasis SDGs.

Adapun roadshow FSI yang baru digelar berlangsung di Bandung pada Sabtu (18/5), dalam acara tersebut dihadirkan diskusi panel yang diisi oleh beberapa praktisi bisnis.

Salah satunya CEO PT Ultima Rasa Akselerasi Bonnie Susilo yang menyampaikan materi bahwa konsistensi hadirnya program FSI telah memberikan dampak besar dalam mendukung perkembangan subsektor kuliner di Indonesia.

Hadir juga COO PT Olsera Indonesia Pratama Eko Goentoro yang berbagi informasi mengenai bisnisnya yaitu Olsera yang dapat membantu pelaku usaha kuliner menjalankan operasional dengan lebih mudah lewat layanannya menghadirkan solusi mengatur manajemen produk, inventori, karyawan, promosi, pelanggan hingga pelaporan.

Panelis terakhir Founder Jualaris & Billionaire Coach Dewa Eka Prayoga juga membahas strategi digital marketing terkini yang dapat meningkatkan omset maksimal dan profit optimal. Framework dan strategi digital marketing yang efektif sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis kuliner di era digital.

Pendaftaran Roadshow FoodStartup Indonesia telah dibuka sejak tanggal 2 Mei 2024 dan bagi pelaku usaha kuliner yang tertarik masih bisa mendaftar hingga 31 Mei 2024.

Baca juga: Kemenparekraf gelar lagi FoodStartup Indonesia

Baca juga: Pelaku kuliner difasilitasi kembangkan bisnis jadi "foodstartup"


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024