London (ANTARA News) - Pelatih kepala Tottenham Hotspur Tim Sherwood akan menukangi pertandingan pertamanya sebagai manajer definitif klub Liga Premier itu melawan West Bromwich Albion yang non pelatih di White Hart Lane.

Kedua klub belum lama bulan ini memecat manajer mereka, namun Spurs dengan cepat dan berani telah memilih seseorang yang tak memiliki pengalaman melatih klub divisi utama sebelumnya.

Sherwood (44) sudah terkenal karena menukangi tim muda Tottenham dan kini dia menangani salah satu klub top Eropa.

"Peluang datang dari mana saja, namun dia sebelumnya telah memberi Tottenham stabilitas dan dia memenuhi sejumlah syarat; dia ambisius dan dan seorang pemimpin," kata mantan manajer Spurs David Pleat.

"Dia pekerja keras. Dia telah berkembang, dan bersama dengan (para asisten pelatih Les Ferdinand dan Chris Ramsey), telah mengasah sejumlah pemain bagus yang berkembang di musim ini."

Sherwood mengantarkan Spurs menang 3-2 atas Southampton hari Minggu lalu, dengan diantaranya berkat pemanggilan kembali Emmanuel Adebayor yang terbukti berhasil karena sang pemain kini sudah mengemas tiga gol sejak diturunkan lagi memperkuat Spurs.

"Ade mencetak sebuah gol yang fantastis yang membuat kami menghidupkan permainan kami," kata kiper Spurs Hugo Lloris.

Namun tanpa Andros Townsend (cedera hamstring), Younes Kaboul (cedera paha) dan Jan Vertonghen (cedera pergelangan), Sherwood kehilangan sejumlah pemain inti, namun masih memiliki gelandang berusia 19 tahun Nabil Bentaleb yang pada debut melawan Southampton lalu telah menunjukkan bahwa dia siap bermain di level senior.

Sementara itu manajer caretaker West Brom Keith Downing yakin suasana klubnya akan meningkat begitu pilih pengganti Steve Clarke dipilih.

Downing untuk kedua kalinya akan memimpin klub melawan Tottenham, sedangkan Albion baru akan memilih pelatih akhir pekan ini.

"Kepercayaan diri adalah tantangan terbesar," kata Downing yang harus menyaksikan timnya ditahan seri 1-1 di kandangnya sendiri melawan Hull City Sabtu pekan lalu.

"Sementara ini kepercayaan diri tim rendah dan ada sedikit ketidakmenentuan yang memuncak. Namun begitu manajer baru dipilih, saya kira segala sesuatu akan segera teratasi.

"West Brom tak pernah membuat kekeliruan dalam lima tahun saya berada di sini. (Para mantan pelatih) Robbie Di Matteo, Roy Hodgson san Steve Clarke adalah pilihan-pilihan yang baik.

"Untuk itu saya tak ingin mendesak mereka (klub), namun lebih cepat itu baik, untuk menyemangati semua orang dan arahan yang lebih baik kepada pemain," kata dia lagi.

Striker Victor Anichebe adalah satu-satunya pemain West Brom yang diragukan bisa turun karena menderita cedera, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013