Jakarta (ANTARA) - Lebih dari seribu warga Jakarta meramaikan kegiatan pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 DKI Jakarta yang digelar di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu pagi.

Acara yang dibarengi dengan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman itu dipadati oleh warga yang berolahraga, baik berjalan kaki maupun bersepeda.

Aparat kepolisian dan Satpol PP pun terlihat berjaga-jaga untuk mengamankan kegiatan pencanangan HUT DKI itu agar berjalan aman dan lancar.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang menghadiri kegiatan pencanangan HUT DKI Jakarta ini.

Dia pun mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan di sekitar Bundaran HI dan membuang sampah ke tempat yang telah disediakan.

"Jagalah kebersihan, bawa kantong plastik agar sampahnya dibuang ditempat yang telah disediakan. Sayangi kota Jakarta ini buat kita semuanya," kata Heru.

Dalam rangkaian HUT DKI Jakarta ini, kata dia, Pemprov DKI menggelar Jakarta Internasional Marathon pada 23 Juni 2024.

"Kegiatan Marathon ini akan diikuti oleh atlet nasional dan internasional," kata Heru.

Jakarta Internasional Marathon (Jakim) akan mulai start dari Monas menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Kegiatan ini bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya, seperti sepatu, pakaian dan lainnya. Saya minta partisipasi masyarakat Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Sekda DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan selain menggelar Jakarta Internasional Marathon, Pemprov DKI juga mengadakan perlombaan bagi ASN-ASN Jakarta,.salah satunya lomba usulan tema dan logo HUT DKI Jakarta.

"Yang jadi pemenangnya adalah Camat Pasar Rebo, Mujiono. Tema yang diangkat pada HUT Jakarta adalah 'Jakarta Kota Global, Berjuta Pesona'," kata Joko.

Sebagai bentuk apresiasi, kata dia, Pemprov DKI Jakarta sesuai arahan Pj. Gubernur memberikan hadiah handphone jenis iPhone 15 kepada Mujiono.

Hadir dalam kegiatan itu para wali kota di DKI Jakarta, organisasi perangkat daerah (OPD), artis Mandra, atlet bulutangkis Jonathan Christie (Jojo) dan Melani Putria.
Ribuan warga Jakarta meramaikan Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 DKI Jakarta yang dimeriahkan grup musik Kahitna di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2024). ANTARA/Syaiful Hakim


Pemprov DKI pun menggelar sejumlah acara untuk menghibur masyarakat dalam pencanangan itu, yakni grup musik Kahitna serta hiburan menarik lainnya.

Selain itu, ada kegiatan senam kicir-kicir di sekeliling Bundaran Hotel Indonesia dan sejumlah atraksi budaya seperti Gondel atau gotong ondel-ondel, pertunjukan Tarian Betawi, dan penampilan menarik lainnya.

Rekayasa jalan

Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun melakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan.

Penutupan ruas jalan yakni di Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bundaran Patung Pemuda, hingga Jalan MH Thamrin, tepatnya dari Bundaran Air Mancur Patung Kuda.

Rekayasa lalu lintas dari arah selatan ke utara lalu lintas dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan KS. Tubun-Jalan KH. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dst atau dapat melalui jalan HR. Rasuna Sald-Jalan Prof. Dr. Satrio Jalan KH. Mas Mansyur dan sebaliknya.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas dari arah utara ke selatan, lalu lintas dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan M. Ridwan Rais, Jalan Tugu Tani-Jalan Menteng, Jalan Cut Mutia-Jalan Dr. GSS Samratulangi, Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said, atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya, Jalan Salemba-jalan Prekiamasi, Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Saharjo, dan seterusnya.

Selain itu, rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan sebaliknya di Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih (Barat-Timur), Jalan KH Wahid Hasyim, Jalan Galunggung-Penjernihan 1.
Baca juga: HUT DKI, DLH DKI kerahkan 500 personel kebersihan di Bundaran HI
Baca juga: DKI ajak warga ramaikan pencanangan HUT ke-497 Jakarta di Bundaran HI
Baca juga: Disbud DKI persiapkan atraksi hingga tradisi Betawi di HUT Jakarta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024