Jakarta (ANTARA) - Jejaring sosial X atau yang dulu bernama Twitter resmi berpindah sistem inti (core system) ke laman X.com yang menandai selesainya transisi ke identitas baru serta menghapus jejak nama Twitter dan logo burung biru ikoniknya.

Pemilik X, Elon Musk mengumumkan transisi itu dalam sebuah unggahan di akun X miliknya. Dengan begitu, maka akses alamat URL Twitter.com telah berganti menjadi X.com.

Penyelenggara platform juga sudah mengubah landing page dan laman login dengan tulisan "Selamat datang di x.com! Kami memberi tahu Anda bahwa kami telah mengubah URL, tetapi, perlindungan privasi dan data Anda tetap sama".

Baca juga: Pengguna premium X tak lagi bisa sembunyikan centang birunya

Engadget, Jumat (17/5), melaporkan dalam beberapa tahun terakhir perusahaan X menghapus jejak identitas Twitter sedikit demi sedikit. Upaya itu dimulai dari mengubah nama resmi akun @Twitter menjadi @X serta mengganti logo Twitter di kantor pusat mereka.

Kemudian perusahaan itu juga mengubah tampilan website dan mengganti logo aplikasi dari ikon burung biru menjadi logo X. Aplikasi Tweetdeck juga berganti nama menjadi XPro dan Twitter Blue menjadi X Premium.

Perubahan halaman X sempat menimbulkan risiko keamanan karena pelaku kejahatan siber dapat memanfaatkan URL yang tidak konsisten untuk melakukan phishing.

Baca juga: Pengguna X berpengikut 2500 akun peroleh fitur premium gratis

Baca juga: Threads tambahkan skor langsung untuk pertandingan olahraga

Baca juga: Meta uji unggahan lintas platform dari Facebook ke Threads

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024