Gianyar, Bali (ANTARA) - Korea Selatan berhasil meraih juara ketiga setelah mengalahkan China dengan skor 2-1 pada kompetisi Piala Asia Putri U17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu sore.

Dengan kemenangan itu, Korea Selatan bergabung bersama Korea Utara dan Jepang pada Piala Dunia Putri U-17 di Republik Dominika pada Oktober 2024.

China awalnya menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama yang dimulai pukul 15.00 Wita, dengan dikawal wasit asal Jepang, Azusa Sugino.

Meski begitu, ketenangan dan kelincahan para pemain Korea Selatan kerap membuat skuad dari negeri tirai bambu itu kewalahan.

Terbukti, Korea Selatan yang saat itu menggunakan jersi berwarna hitam, mencetak gol pembuka melalui tendangan cantik, Phair Casey Yujin pada menit ke-12.

China berusaha bangkit dan mengejar ketertinggalan, namun beberapa peluang gol terbuang percuma di antaranya pada menit ke-16 oleh Li Yuhan.

Tendangan mendatar yang terburu-buru itu belum terlalu kuat hingga meleset tipis ke sisi kanan gawang lawan yang dijaga ketat kiper Woo Sumin.

Hingga ketua tim turun minum, papan skor 1-0 menjadi milik tim dari Korea Selatan.

Sementara itu, memasuki babak kedua pemain dari China langsung tancap gas dan melesatkan serangan berbahaya ke pertahanan Korea Selatan.

Setidaknya ada tiga kali peluang gol dimiliki skuad asuhan pelatih asal Australia Gary Van Egmond itu di antaranya pada menit ke-45, menit ke-64 dan menit ke-67.

Namun, patut diakui pertahanan dan koordinasi antarpemain negeri ginseng itu cukup apik sehingga membuat China gagal menjebol gawang lawan.

Tensi kedua tim semakin memanas hingga akhirnya kegigihan pemain China membuahkan hasil karena menyamakan kedudukan 1-1 berkat tendangan Dong Yujie pada menit ke-81.

Euforia tim China itu berlangsung tak lama karena berselang tiga menit kemudian atau pada menit ke-84, Korea Selatan kembali mencetak gol melalui tendangan menyilang Phair Casey Yujin.

Brace yang tercipta dari kaki penyerang nomor punggung 19 itu tak bisa diantisipasi kiper lawan, Hou Shumei.

Hingga tambahan waktu lima menit, Korea Selatan unggul 2-1 mengandaskan China.

China gagal mengulang kesuksesan sebagai juara ketiga di ajang yang sama pada 2019 yang berlangsung di Thailand.

Sementara itu, juara bertahan Jepang akan ditantang Korea Utara pada final Piala Asia Putri U17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu ini pukul 19.00 Wita.
 
Tim Korea Selatan membentangkan benderanya setelah berhasil meraih juara ketiga mengalahkan China dengan skor 2-1 Piala Asia Putri U17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (19/5/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna




Susunan pemain

China: Hou Shumei (Kiper), Zhang Jie, Song Yu, Yuan Chenjie, Chen Ruji, Li Yuhan, Wang Dantong, Lin Yuya, Zhang Kecan, Zhou Zinyi, Zhong Yuxin.
Pelatih Kepala: Gary van Egmond


Korea Selatan:

Woo Sumin (Kiper), Shin Dain, Shin Sunghee, Noh Sieun, Beom Yeju, Baek Jieun, Won Jueun, Seo Minjeong, Park Jiyu, Nam Sarang dan Phair Casey.
Pelatih Kepala: Kim Eunjung.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024