Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin mendorong penambahan jadwal penerbangan di Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju.

"Sehari setelah dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sulbar, saya langsung menyurati pihak maskapai penerbangan Batik Air dan Garuda agar menambah jadwal penerbangan ke Mamuju," kata Bahtiar, saat tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Minggu.

Surat permohonan penambahan jadwal penerbangan setiap hari di Bandara Tampa Padang Mamuju itu tambahnya, juga ditembuskan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Baca juga: ACI apresiasi aspek keamanan di Bandara Soetta

Sehari setelah mengirim surat, pihak Lion Group kata Bahtiar, telah memberikan respons positif dan akan menambah jadwal penerbangan di Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Saya minta penerbangan dari Mamuju ke Makassar di Sulawesi Selatan bisa setiap hari dan Alhamdulillah sudah direspons oleh pihak maskapai sehingga, terhitung mulai 1 Juni 2024 penerbangan setiap hari Mamuju-Makassar sudah dapat dilakukan," terang Bahtiar.

Ia juga meminta ada rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Mamuju, begitupun penerbangan langsung dari Bandara Tampa Padang Mamuju ke Balikpapan di Kalimantan Timur.

"Jika penerbangan harus ke Makassar dulu baru ke Balikpapan, tentu butuh waktu lagi sehingga saya minta pihak maskapai penerbangan membuka rute penerbangan langsung Balikpapan ke Mamuju, begitupun penerbangan langsung dari Jakarta," terang Bahtiar.

Ia menyampaikan bahwa kehadiran penerbangan setiap hari di Mamuju untuk membuka isolasi arus transportasi udara  di Sulbar yang merupakan salah satu daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Penambahan jadwal penerbangan ini, juga sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulbar yang merupakan salah daerah penyokong IKN," katanya.

Baca juga: Menhub pastikan Bandara Juanda Surabaya siap layani penerbangan haji

Bahtiar Baharuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 17 Mei 2024, sebagai Penjabat Gubernur Sulbar menggantikan Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara itu, Zudan Arif Fakrulloh saat ini menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Bahtiar sendiri telah menjabat untuk ketiga kali sebagai penjabat gubernur, yang sebelumnya bertugas di Provinsi Kepulauan Riau kemudian di Provinsi Sulawesi-Selatan dan saat ini sebagai Penjabat Gubernur Sulbar.

Pewarta: Amirullah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024