Bandung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menilai Simpang Gedebage Selatan dan akses menuju Masjid Raya Al Jabbar yang telah diresmikan beberapa hari lalu, bisa menarik wisatawan.

Pasalnya, menurut Bey, dengan terbangunnya jalan itu, akses menuju Masjid Raya Al Jabbar dari arah barat menjadi lebih singkat, mengingat terhubung langsung dengan jalan akses utama (jalan provinsi).

"Ini akan menarik minat wisatawan, dan Pemkot Bandung berupaya memindahkan pusat pertumbuhan baru (Bandung Timur)," ujar Bey dalam keterangan di Bandung, Minggu.

Bey meyakini banyak ketertarikan dari wisatawan dan masyarakat untuk berkunjung di kawasan Gedebage, mengingat di kawasan tersebut ada Masjid Raya Al Jabbar, Stadion GBLA dan mal yang akan menjadi pertumbuhan ekonomi baru.

"Banyak sekali ketertarikan masyarakat untuk hadir di kawasan Gedebage. Saya yakin dalam jangka waktu ke depan akan menjadi pusat pertumbuhan baru Kota Bandung di bagian timur," katanya.

Terkait dengan Simpang Gedebage Selatan dan akses jalan provinsi menuju Masjid Raya Al Jabbar yang dapat diakses melalui Jalan Gedebage Selatan, Kota Bandung, yang baru diresmikan Kamis (16/5), kolaborasi pemerintah dan swasta.

"Ini salah satu kolaborasi pemerintah dan swasta yang sangat baik untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di weekend. Saya sangat mengapresiasi," ucap Bey.

Bey mengingatkan agar simpang jalan itu dijaga ketertibannya, jangan sampai ada pedagang liar yang berjualan di lokasi tersebut.

"Saya titip untuk jalan ini yang sudah bagus jangan ada yang berjualan di sepanjang jalan ini dan menjadi kumuh. Tolong jaga ketertibannya dari awal, keseriusan menjaga lingkungan lebih baik," ujar Bey.

Selain itu, untuk akses gerbang tol keluar KM 149, Bey mengatakan akan segera difungsikan sebelum Agustus 2024.

"Kilometer 149 akan segera difungsionalkan, tapi masih menunggu lelang gate-nya. Mudah-mudahan sebelum Agustus sudah bisa difungsikan," ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan pihaknya memiliki rencana besar untuk pengembangan Bandung wilayah timur, di antaranya kawasan Gedebage.

"Mudah-mudahan dengan diresmikan akses ke Masjid Raya Al Jabbar, pusat-pusat kegiatan di wilayah timur bisa naik," kata Bambang.

Bambang menuturkan terwujudnya akses jalan simpang itu berkat kolaborasi antara Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, BBWS, dan swasta.

"Semoga dengan kolaborasi yang kuat ini, alhamdulillah, bisa terwujud. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kolaborasi yang sudah bisa kita wujudkan ini," kata Bambang.

Baca juga: Menparekraf siapkan langkah cegah pungli di lokasi wisata Jabar
Baca juga: Gedung Pakuan dibuka Sabtu-Minggu untuk kenalkan sejarah pada warga
Baca juga: Bey gandeng perusahaan hotel kapsul kembangkan wisata Ciayumajakuning


 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024