Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) yang sudah menjadi target operasi sejak satu bulan lalu di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718 Laut Arafura.
 
Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Pung Nugroho Saksono dengan menggunakan Kapal Pengawas (KP) Paus 01, Minggu.
 
 
“Kasus ini akan didalami lebih lanjut, kami akan memfokuskan pada penyidikan dalam rangka memecahkan kasus tindak pidana ini, karena sudah mulai muncul benang merahnya, terang benderang dari pertama kita menangkap KM MUS pada (16/4/2024) lalu, dan sekarang sudah diamankan KM RZ 03 beserta nakhoda,” ujar Ipung dalam keterangan di Jakarta, Minggu.
 
 
Saat dilakukan interogasi, nakhoda KIA RZ 03 berinisial WZJ, mengaku berangkat dari negara asal pada Mei 2023 dan melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia sejak 12 Januari 2024. Kapal tersebut juga membawa 12 orang anak buah kapal (ABK) WNI 18 ABK WNA.
 
 
Lebih lanjut, Ipung menjelaskan, KM berukuran 870 GT ini mengibarkan bendera Rusia di tiang utama kapal. Dengan menggunakan alat tangkap terlarang yaitu trawl dengan hasil tangkapan sebanyak 30 ton ikan campur.
 
 
“Kapal ini sudah meresahkan nelayan. Penggunaan trawl merusak terumbu karang. Kerusakan ekologi yang terjadi jauh lebih besar daripada kerugian ekonomi,” ujarnya.
 
 
Selain mengamankan KM RZ 03, KP Paus 01 juga mengamankan KM. Y. KII jenis pengangkut asal Probolinggo, Jawa Timur berukuran 157 GT yang diduga turut serta membantu operasional KIA tersebut dengan mendistribusikan logistik makanan dan BBM.
 
 
“Kami juga mengamankan KM Y, yang turus serta menyuplai logistik dan BBM. Kami menghimbau agar KII tidak membantu aktivitas KIA ilegal dalam mencuri ikan di perairan Indonesia,” katanya.
 
 
Selanjutnya kedua kapal dikawal menuju Pangkalan PSDKP Tual, Maluku untuk diproses pemeriksaan lebih lanjut.
 
 
Penangkapan kapal ikan asing itu merupakan perintah Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk senantiasa mengutamakan kelestarian ekologi, sehingga anak cucu pada masa mendatang dapat menikmati kekayaan sumber daya ikan yang melimpah di laut.

Baca juga: Ditjen PSDKP tangkap dua kapal ikan Vietnam di Laut Natuna-Kepri
Baca juga: KKP tangkap kapal Malaysia yang terindikasi sudah dimusnahkan
Baca juga: DFW dukung upaya KKP tangkap KIA yang lakukan kejahatan perikanan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024